nusabali

Pemkab Gianyar Lepas Benih Ikan di DAS Pakerisan

  • www.nusabali.com-pemkab-gianyar-lepas-benih-ikan-di-das-pakerisan

GIANYAR, NusaBali
Pemkab Gianyar merayakan Tumpek Uye di wilayah DAS Pakerisan, tepatnya Empelan Pejeng, Kecamatan Tampaksiring, Saniscara Kliwon Uye, Sabtu (29/1) pagi.

Empelan Pejeng ini merupakan sumber dari 118 Tirta Pengelukatan dan mengairi 54 Subak. Perayaan diawali dengan persembahyangan bersama terkait upacara Danu Kerthi, lanjut melepas 10.000 benih ikan dan melepasliarkan sejumlah burung ke alam bebas.

Perayaan ini sebagai implementasi instruksi Gubernur Bali No : 1 Tahun 2022 tentang perayaan Tumpek Uye dengan upacara Danu Kerthi sebagai pelaksanaan tata - titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Nangun Sad Kerthi Loka Bali. Perayaan Danu Kerthi sebagai upaya menjaga kesucian dan kelestarian sumber air serta wujud terima kasih atas segala keberlimpahan alam.

Bupati Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra mengatakan perayaan Tumpek Uye di Bali untuk menjaga keharmonisan alam telah dilakukan sejak ratusan tahun lalu. “Kalau Tumpek Uye dan tumpek lainnya terkait bagaimana menjaga alam telah diwariskan turun-temurun sejak beratus-ratus tahun lalu. Namun baru sekarang diselaraskan dengan program-program pemerintah,” ujarnya. Kata dia, sebenarnya program ini telah ada di masing-masing OPD, namun lebih dikonkritkan untuk lebih mengedukasi masyarakat.

Dalam upacara tersebut dilakukan ritual keagamaan guna menjaga kesucian sumber mata air dan pelepasan burung serta 10.000 benih ikan untuk menjaga kelestarian sungai. Karena alam memberikan nafas kehidupan kepada manusia. Bupati Mahayastra mengajak masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan terutama sungai agar tetap bersih. “Salah satunya sungai harus kita jaga, ciri sungai yang terjaga ialah sungai yang masih ada ikannya, airnya bersih, mengalir dengan baik tidak ada buang sampah tidak ada buang limbah,” seru Bupati Mahayastra di tepi DAS Pakerisan.

Terlebih lagi, Empelan Pejeng tersebut mengairi 54 subak pada 8 desa di Gianyar dengan jumlah anggota subak 2.000 orang lebih. “Empelan Pejeng DAS Pakerisan ini mengairi 54 subak di Desa Pejeng Kaja, Pejeng, Pejeng Kangin, Pejeng Kelod, Sanding, Sumita, Suwat dan Siangan,” beber I Wayan Pasek, Pekaseh Gede Empelan Pejeng.

Ditambahkan, sumber mata air Empelan Pejeng terdiri dari 118 tirta panglukatan termasuk Tirta Empul, Tirta Mengening, Tirta Gunung Kawi dan tirta lainnya yang menyatu di Campuhan Tampaksiring.

Hadir dalam perayaan itu, Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Hendra Cipta, Kapolres Gianyar diwakili Kapolsek Tampaksiring AKP Ni Luh Suardini, Danyon Zipur 18/Ykr diwakili Pajas Kapten Czi I Nyoman Wirahadi, OPD, para camat, perbekel, personel kepolisian dan Koramil 1616-03/Tampaksiring, Dishub Gianyar, warga, pecalang dan Kelian Adat/Dinas Desa Adat Bukit. Benih ikan Nila yang ditebar 10.000 ekor dan pelepasan burung Perkutut 2 ekor, Kutilang 10 ekor dan Tekukur 10.*nvi

Komentar