nusabali

Delegasi GPDRR Dijadwalkan Kunjungi DTW Pura Uluwatu

  • www.nusabali.com-delegasi-gpdrr-dijadwalkan-kunjungi-dtw-pura-uluwatu

MANGUPURA, NusaBali
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto, berkunjung ke DTW Pura Uluwatu, Sabtu (29/1).

Kunjungan ini dilakukan untuk memastikan kesiapan dalam menyambut rencana kunjungan para delegasi dari sejumlah negara yang akan mengikuti kegiatan Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR), yang akan digelar di Bali. Dalam menyambut delegasi tersebut pegelola kawasan menyiapkan sistem buble.

Menko PMK Muhadjir Effendy, mengatakan bersama Kepala BNPB meninjau DTW Pura Uluwatu yang merupakan salah satu objek wisata yang akan dikunjungi oleh delegasi GPDRR. Pada event yang digelar di Bali ini, kata dia, akan ada kunjungan program kegiatan pendamping termasuk ada kunjungan budaya.

“Uluwatu merupakan salah satu pusat ritual yang umurnya beratus-ratus tahun, yang sudah turun-temurun dan dilestarikan oleh warga masyarakat di sekitar. Ini nanti akan menjadi salah satu pilihan yang akan ditawarkan kepada para peserta. Tentu saja akan disajikan juga berbagai macam aktivitas budaya yang terkenal secara internasional, yaitu tari kecak,” jelas Muhadjir Effendy ditemui di sela-sela peninjauan.

Di lokasi yang sama, Kepala BNPB Letnan Jenderal Suharyanto membeberkan pada event GPDRR, yang akan dihelat pada 23-25 Mei 2022 itu akan diikuti perwakilan dari 193 negara. Selain acara resmi, para delegasi ini akan berkunjung juga ke tempat tempat objek wisata, salah satunya ke Uluwatu ini. “Dalam pelaksanaan kunjungan nanti akan diatur sedemikian rupa supaya tetap prokesnya terjaga,” jelas Suharyanto.

Dia menambahkan, pihaknya akan menurunkan tim khusus untuk menyiapkan Uluwatu, utamanya terkait prokesnya, sehingga nantinya 3 M betul-betul terjaga, baik itu penggunaan masker, jaga jarak dan menghindari kerumunan serta tidak berhubungan dengan masyarakat lain. Dengan adanya kunjungan delegasi ini, kemungkinan dalam beberapa jam kawasan Uluwatu akan ditutup sementara bagi pengunjung lainnya. “Nanti ini salah satu yang akan kita laksanakan sistem buble. Pada saat delegasi masuk, pengunjung lain sementara mungkin tidak berhubungan dengan mereka,” jelasnya. Manager Pengelola Obyek Wisata Kawasan Luar Pura Uluwatu, I Wayan Wijana, mengaku sangat menunggu kegiatan seperti itu. Tak hanya kunjungan delegasi GPDRR, namun terkait event KTT G-20 yang juga rencananya digelar di Bali tahun ini, diharapkan bisa memberikan pengaruh besar dalam upaya mendongkrak kunjungan ke DTW Uluwatu.

“Kalau untuk saat ini kunjungan ke DTW didongkrak oleh wisatawan domestik. Nah dengan adanya delegasi yang nantinya akan datang, tentu akan memberikan sesuatu yang berbeda di tengah pandemi ini,” katanya. *dar

Komentar