nusabali

Diduga Terlantar, Dua Orang Diamankan

  • www.nusabali.com-diduga-terlantar-dua-orang-diamankan

MANGUPURA, NusaBali
Petugas dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Badung mengamankan dua orang yang diduga hidup terlantar dari kawasan Kuta dan Kuta Utara.

Dua orang tersebut langsung diserahkan ke Dinas Sosial untuk dipulangkan ke kampung halaman masing-masing. Kasatpol PP Badung I Gusti Agung Ketut Suryanegara, mengatakan orang diduga terlantar yang diamankan pertama kali adalah laki-laki. Saat itu, dia sedang berkeliaran di wilayah Pantai Kuta pada Kamis (27/1) sore. Pria yang tidak memiliki identitas itu pun langsung dibawa ke Kantor Satpol PP BKO Kuta untuk dilakukan pemeriksaan. “Dari pengakuan yang bersangkutan, tidak ada pekerjaan sama sekali, hanya hidup mengelandang di wilayah Kuta. Makanya keberadaanya meresahkan masyarakat sekitar,” kata Suryanegara, Jumat (28/1).

Satpol PP BKO Kuta kemudian menyerahkan yang bersangkuutan untuk di tindaklanjuti oleh Dinas Sosial Kabupaten Badung. Namun, sebelum diserahkan, petugas melakukan pemeriksaan kesehatan, termasuk rapid antigen di Puskesmas I Kuta. “Setelah menjalani peemriksaan dan dinyatakan sehat, dia langsung kita serahkan. Saat ini sudah ditangani pihak Dinsos,” jelas Suryanegara.

Selain di Kuta, turut diamankan seorang perempuan yang diduga juga hidup terlantar, Jumat (28/1). Saat diamankan kondisinya dalam keadaan linglung, sehingga langsung diangkut ke kantor untuk diperiksa. “Sudah kami periksa juga dan sudah diserahkan ke Dinsos. Nantinya dari Dinsos yang mengambil tindakan untuk pemulangan,” tegas Suryanegara.

Untuk mengantisipasi keberadaan para gelendangan dan orang yang hidup terlantar, mantan Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Badung itu menegaskan akan melakukan patroli secara intens. “Selain itu, kami juga terus memantau para pengemis atau tukang minta-minta yang kerap muncul di sejumlah trafict light. Ini yang terus kita tingkatkan ke depannya,” tandasnya. *dar

Komentar