nusabali

Sabtu dan Minggu Dilayani di Kantor Dinkes

Satgas Gencarkan Vaksinasi di Buleleleng

  • www.nusabali.com-sabtu-dan-minggu-dilayani-di-kantor-dinkes

Gebyar vaksinasi melayani vaksinasi dosis I, II dan III untuk semua kategori, mulai dari anak-anak, remaja, lansia, dan masyarakat umum.

SINGARAJA, NusaBali

Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng terus mengejar capaian vaksinasi di Buleleng. Gebyar vaksinasi kembali akan digelar Sabtu (29/1) dan Minggu (30/1). Masyarakat Buleleng yang belum mendapatkan vaksin baik dosis I, II dan III (booster) cukup datang ke Kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Buleleng di Jalan Veteran No : 15, Kelurahan Paket Agung, Kecamatan/Kabupaten Buleleng.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng Ketut Suwarmawan, Jumat (28/1), mengatakan gebyar vaksinasi dilanjutkan melihat antusias masyarakat cukup tinggi. Program yang sama sudah dilakukan dua kali, yakni gerai vaksinasi pada Minggu (23/1) di Kantor Dinas Kesehatan dan Kamis (27/1) di Gedung Kesenian Gde Manik Buleleng.

“Dari dua kali pelaksanaan vaksinasi, antusiasme masyarakat cukup tinggi, bahkan saat Minggu vaksinasi sampai 200an orang. Kemarin yang di Gedung Kesenian Gde Manik dibantu Polres Buleleng juga mencapai 445 orang yang datang dalam sehari,” ucap Suwarmawan.

Untuk gebyar vaksinasi Sabtu dan Minggu di Kantor Dinkes Buleleng, akan disiapkan kuota 500 orang. Masyarakat yang hendak divaksinasi bisa datang dari pukul 08.00 Wita sampai selesai. Suwarmawan juga mengatakan gebyar vaksinasi melayani vaksinasi dosis I, II dan III untuk semua kategori, mulai dari anak-anak, remaja, lansia, dan masyarakat umum.

Terkait penyediaan vaksin, Pemkab Buleleng melalui Dinas Kesehatan menyediakan vaksin jenis Astrazeneca untuk umum, dan Sinovac untuk anak-anak. Tenaga yang dikerahkan, Dinas Kesehatan menyiapkan dua tim vaksinasi.

Sementara itu, berbagai skema vaksinasi terus digenjot Satgas Penanganan Covid-19 Buleleng, untuk memaksimalkan capaian dan pembentukan herd immunity (kekebalan kelompok). “Kami terus berupaya memaksimalkan capaian vaksinasi, karena varian omicron yang sudah masuk Indonesia, penyebarannya sangat cepat. Kalau sudah bisa membentuk herd immunity dengan capaian vaksinasi 70 persen, potensi penularan bisa kita tekan,” tegas dia.

Data capaian vaksinasi Jumat (28/1) di Kabupaten Buleleng menunjukkan dari sasaran Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN) di Kabupaten Buleleng sebanyak 615.179 orang. Capaian vaksinasi dosis I  sebesar 82,63 persen atau 508.311 orang. Sedangkan capaian vaksinasi dosis II sebesar 71,13 persen atau 437.559 orang dan capaian dosis III baru mencapai 3,72 persen atau 22.859 orang. *k23

Komentar