nusabali

Disparbud Bangli Rekrut Tenaga Pungut Retribusi

  • www.nusabali.com-disparbud-bangli-rekrut-tenaga-pungut-retribusi

BANGLI, NusaBali
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bangli merekrut tenaga pungut retribusi.

Petugas pungut retribusi anyar ini segera diberikan pelatihan sebelum ditugaskan di kawasan Kintamani, Bangli. Pemkab Bangli akan menerapkan e-ticketing untuk pungutan retribusi. Kadisparbud Bangli, I Wayan Sugiarta, mengatakan petugas pungut retribusi berada di bawah Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Disparbud Bangli menempatkan 60 pegawai di kawasan Kintamani yang ditugaskan sebagai petugas pungut retribusi, petugas kebersihan, dan petugas keamanan. Latar belakang pegawai ini beragam, sebelum ditugaskan ke lapangan akan diawali dengan pembekalan. “Petugas ini akan berhadapan dengan wisatawan, perlu dibekali pemahaman pelayanan yang baik. Petugas sebagai cerminan dalam pengelolaan pariwisata Bangli,” jelas Wayan Sugiarta, Kamis (27/1).

Pelatihan bagi petugas anyar ini direncanakan pada awal Februari. Setelah pelatihan, puluhan pegawai akan langsung bertugas. Pos pungut di kawasan Kintamani ada 8 titik. “Petugas disebar, penempatannya sesuai hasil penilaian saat pelatihan nanti,” beber Wayan Sugiarta. Saat ini, Pemkab Bangli belum memungut retribusi di kawasan Kintamani. Mantan Kadis Perpustakaan dan Arsip Daerah Bangli ini mengatakan, retribusi akan menggunakan e-ticketing. “Seluruhnya menggunakan non tunai untuk mengurangi kebocoran,” jelas Wayan Sugiarta. *esa

Komentar