nusabali

Kegiatan PKTP Vakum Selama Tiga Tahun

  • www.nusabali.com-kegiatan-pktp-vakum-selama-tiga-tahun

AMLAPURA, NusaBali
Selama tiga tahun, kegiatan Penanggulangan Kanker Terpadu Paripurna (PKTP) vakum akibat nihil anggaran. Kegiatan terakhir pada tahun 2019 dengan menggelar lomba melibatkan siswa SD, SMP, dan SMA.

Tahun 2022, PKTP juga nihil anggaran sehingga tidak ada kegiatan.  Wakil Ketua Yayasan Kanker Indonesia Cabang Karangasem, dr I Gede Parwata Yasa SpOG mengatakan, sejak tahun 2020 PKTP tanpa anggaran karena pandemi Covid-19. Kegiatan PKTP ditiadakan karena belum bisa tatap muka. Tahun 2021 dan tahun 2022 kembali tanpa kegiatan karena nihil anggaran. “Saat kondisi normal kegiatan PKTP cukup banyak. Ada seminar, penyuluhan, lomba melibatkan siswa SD, SMP, dan SMA se-Karangasem,” jelas dr Gede Parwata, Kamis (27/1).

Ada juga pameran bahan makanan alami, kreasi budaya, pengenalan obat pencegahan kanker, dan memantau kesehatan kantin sekolah. Kegiatan lomba di antaranya baca puisi, melukis poster tema kanker, lomba penyuluhan kanker, paduan suara, dan lainnya. Juara tingkat Kabupaten Karangasem berhak ke lomba tingkat Provinsi Bali. Dengan berbagai lomba, seminar, dan pameran ini diharapkan penyakit kanker dan pencegahannya bisa diketahui sejak dini.

dr Gede Parwata mengungkapkan, penyakit kanker banyak macamnya. YKI Karangasem melakukan pencegahan dengan pap smear dan IVA (inspeksi visual asam asetat) untuk mencegah kanker serviks. Mengetahui kondisi payudara dengan melakukan periksa payudara sendiri (sadari), mencegah kanker leher rahim dengan melakukan clinical breast examination (CBE). “Setiap tahun ada pemetaan gejala penyakit kanker yang muncul,” jelas mantan Direktur RSUD Karangasem ini. Anak-anak sekolah bisa mencegah kankker dengan pola makan alami, bukan makanan instan. *k16

Komentar