nusabali

Nusa Penida Miliki Karang Laut Unggul

  • www.nusabali.com-nusa-penida-miliki-karang-laut-unggul

SEMARAPURA, NusaBali
Kelompok Pecinta Karang Nuansa Pulau, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, menemui Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, di Kantor Bupati Klungkung, Kamis (27/1).

Kelompok ini memaparkan potensi pulau Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, khususnya potensi karang laut yang unggul. Perwakilan Kelompok Pencinta Karang Nuansa Pulau I Nyoman Karyawan bersama Nyoman Widana, mengatakan kepulauan Nusa Penida memiliki wilayah perairan dengan rangkaian terumbu karang yang indah dan beragam. Karena perairan laut Nusa Penida mengandung nutrisi yang sangat bagus untuk perkembangan karang dan biota laut.

Salah satu contohnya, perairan di Desa Ped merupakan gabungan dari beberapa zona konservasi, yaitu zona budidaya rumput laut, perikanan tradisional, dan wisata bahari. Desa Ped memiliki wilayah perairan laut paling panjang di Kepulauan Nusa Penida, yakni 5.700 meter dan lebar rata-rata 65 meter. Area ini bisa dimanfaatkan untuk pembudidayaan biota laut dan wisata perairan.

Dengan potensi tersebut, Karyawan berharap kepada pemerintah daerah untuk memanfaatkan sumber daya pesisir ini sebagai tempat untuk budidaya karang, membuat wisata perairan dengan kebun karang, pusat pembibitan karang. Pesisir ini juga bisa untuk budidaya rumput laut serta edukasi dan penelitian.

Menanggapi pemaparan tersebut, Bupati Suwirta menugaskan Bapperlitbang, Dinas Pariwisata dan Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Klungkung, untuk bekerja sama dengan Kelompok Pecinta Karang Nuansa Pulau. Mereka diminta membuat konsep yang akan dikembangkan dengan potensi perairan ini.

"Kedepan saya tugaskan kepada Dinas Pariwisata untuk memperkuat marketing pariwisata melalui video promosi pariwisata," ujar Bupati Suwirta. Bupati Suwirta meminta dana yang ada supaya digunakan untuk pemasaran dan membuat video promosi. "Kita akan fokus bermain pada multimedia sebagai media promosi," ujar Bupati Suwirta.*wan

Komentar