nusabali

Perkuat SDM Pemuda, Rancang Kolaborasi dengan Gubernur Koster

I Putu Gede Wirakusuma Terpilih secara Aklamasi Jadi Ketua DPD KNPI Bali Periode 2022-2025

  • www.nusabali.com-perkuat-sdm-pemuda-rancang-kolaborasi-dengan-gubernur-koster

Bersamaan dengan Musprov yang naikkan I Putu Gede Wirakusuma alias De Wira sebagai Ketua DPD KNPI Bali, Kamis kemarin juga digelar Rapat Paripurna Daerah DPD KNPI Bali di bawah pimpinan I Nyoman Gede Antaguna

DENPASAR, NusaBali

I Putu Gede Wirakusuma alias De Wira, 40, terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Bali 2022-2025 dalam Musyawarah Provinsi (Musprov) XIV, Kamis (27/1) siang. Dalam Mosprov XIV KNPI Bali yang digelar di Aula Gedung Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD PSDM) Provinsi Bali, Jalan Hayam Wuruk Denpasar Timur kemarin, De Wira hanya perlu 15 menit untuk menduduki kursi Ketua DPD KNPI Bali 2022-2025, dengan mengantongi dukungan maksimal dari 28 organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP).

Dengan dukungan maksimal 28 OKP, De Wira tampil sebagai calon tunggal alias tanpa lawan dalam pemilihan Ketua KNPI Bali di Musprov kemarin. De Wira yang kini menjabat Sekretaris Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Provinsi Bali pun otomatis ditetapkan sebagai Ketua DPD KNPI Bali 2022-2025 terpilih.

"Karena hanya ada 1 calon saja atas nama saudara I Putu Gede Wirakusuma, maka sesuai dengan mekanisme dan tata tertib Musprov KNPI Bali, yang bersangkutan bisa ditetapkan sebagai Ketua DPD KNPI Bali terpilih," ujar pimpinan sidang pemilihan Ketua DPD KNPI Bali dalam Musprov XIV, Choir Siregar.

Dengan demikian, De Wira yang juga menjabat Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan Kadin Bali, kini resmi menahkodai DPD KNPI Bali setelah sempat hampir 2 tahun dipegang Choir Siregar selaku caretaker. Sebelumnya, Ketua DPD KNPI Bali dijabat Komang Gede Antaguna, tokoh pemuda yang juga pentolan Banteng Muda Indonesia (BMI)---organisasi sayap partai PDIP.

Usai terpilih secara aklamasi sebagai Ketua DPD KNPI Bali kemarin, De Wira mengaku segera akan menyusun kepengurusan bersama tim formatur yang beranggotakan 2 orang dari unsur DPD KNPI Kabupaten/Kota dan 2 orang dari unsur OKP. "Intinya, kami akan merangkul semua elemen KNPI Bali, termasuk kawan-kawan yang sebelumnya demisioner di kepengurusan lama," ujar De Wira kepada NusaBali.

De Wira juga menyebutkan KNPI Bali ke depan akan bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemprov Bali di bawah kepemimpinan Gubernur Wayan Koster. "Apa pun yang menjadi program pemerintah, KNPI Bali akan menjadi garda terdepan. KNPI Bali akan menjadi motor penggerak mendukung pembangunan di Provinsi Bali," ujar tokoh pemuda kelahiran Denpasar, 6 Maret 1982, asal Desa/Kecamatan Penebel, Tabanan ini.

Selain itu, De Wira juga akan melakukan gebrakan untuk penguatan SDM kalangan generasi milineal dan para OKP yang berada di bawah KNPI Bali. "KNPI Bali ini kita mau jadikan KNPI sebagai wadahnya OKP, yang benar-benar memberikan kontribusi buat Bali. Peningkatan SDM generani muda untuk menjadi motor penggerak pembangunan, mencari solusi terkait dengan persoalan yang dihadapi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini," tegas alumni Institut Pertanian Bogor (IPB), Jawa Barat ini.

Musprov XIV KNPI Bali kemarin dihadiri langsung Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama, Sekjen DPP KNPI Gandung Rafiul Nurul Huda, dan kalangan tokoh pemuda. Tokoh yang hadir, antara lain, I Made Ariandi, Ketua Kadin Bali yang juga Ketua Pemuda Pancasila Provinsi Bali. Mantan Ketua DPD II Golkar Klungkung ini setia tongkrongi Musprov KNPI Bali dari pembukaan sampai terpilihnya De Wira sebagai ketua.

Sementara itu, Ketua KNPI Klungkung, AA Gde Utama Indra Prayoga, mengeluarkan pernyataan sikap terkait adanya pihak yang melaksanakan Musprov KNPI Bali, Kamis kemarin. "Saya menyatakan tidak menerima tindakan oknum yang mengaku telah mengadakan Musprov untuk membentuk kepengurusan KNPI Bali," ujar Indra Prayoga.

Indra Prayoga menjelaskan, Ketua DPD KNPI Bali yang sah berdasarkan SK DPP KNPI yang dikeluarkan oleh Noer Fajrieansyah adalah I Nyoman Gede Antaguna. Disebutkan, Antaguna sedang melaksanakan Rapat Paripurna Daerah DPD KNPI Bali bersama seluruh DPD KNPI Kabupaten/Kota se-Bali, Majelis Pemuda Indonesia (MPI), OKP, dan seluruh pengurus DPD KNPI Bali yang digelar di Sekretariat DPD KNPI Bali.

Menurut Indra Prayoga, di Bali hanya satu KNPI Provinsi yang mana SK-nya dikeluarkan oleh Ketua Umum DPP KNPI Noer Fajrieansyah selaku pemegang SK Kemenkum HAM Nomor AHU-0000037.AH.01.08 Tahun 2019. Oleh karena itu, Indra Prayoga menyatakan tidak akan mengakui Musprov yang mengatasnamakan KNPI Bali kemarin.

"Karena saat ini seluruh pengurus DPD KNPI Bali yang sah bersama MPI dan Ketua KNPI Kabupaten/Kota se-Bali serta OKP sedang melak-sanakan Rapida," tandas Indra Prayoga. Berdasarkan Rapida kemarin, kata dia, sudah disepakati Musprov KNPI Bali baru akan dilaksanakan Maret 2022 mendatang. *nat,wan

Komentar