nusabali

Di Gianyar, Sehari 3 Kasus Covid-19 Muncul

  • www.nusabali.com-di-gianyar-sehari-3-kasus-covid-19-muncul

Kasus baru ini seluruhnya termasuk orang tanpa gejala (OTG), tidak ada yang dirawat.

GIANYAR, NusaBali

Kasus Covid-19 kembali menunjukkan peningkatan di Gianyar. Dari semula melandai hingga nihil kasus per hari, namun kini kembali muncul kasus baru. Peningkatan kasus Covid-19 saat ini di Gianyar rata-rata 3 sampai 4 kasus baru per hari, namun bukan varian baru Omicron.

"Secara nasional Omicron memang ada peningkatan kasus. Tapi di Bali, khususnya Gianyar belum ada ditemukan kasus Omicron melalui tes laboratorium," tegas Kepala Dinas Kesehatan Gianyar dr Ida Komang Upeksa, Kamis (27/1).

Dia mengakui peningkatan kasus Covid-19 saat ini di Gianyar rata-rata 3 sampai 4 kasus baru per hari. "Dulu memang satu atau dua kasus, sekarang tiga sampai empat kasus per hari," jelasnya. Temuan penambahan kasus ini tak lepas dari penanganan tim Satgas Covid-19 dalam melakukan 3T (tracing, testing, treatment) setiap kali ada 1 kasus baru. "Satgas terus bergerak di lapangan," jelas Upeksa.

Meskipun ada kasus, Upeksa meminta masyarakat tidak panik. Karena pemerintah sudah melakukan upaya-upaya sesuai SOP (standar operasional dan prosedur). Dijelaskan, kasus baru ini seluruhnya termasuk orang tanpa gejala (OTG), tidak ada yang dirawat. Kata dia, kalaupun nantinya sampai ada kasus baru yang perlu perawatan, ruang isolasi di rumah sakit pemerintah maupun swasta di Gianyar, sudah siap menangani. ‘’Kami sediakan kapasitas 230 tempat tidur," terangnya.

Sementara itu, vaksinasi tahap I dan II bagi masyarakat tercecer hingga vaksinasi booster berbasis banjar di Gianyar terus digalakkan. "Vaksinasi anak usia 6 - 11 tahun juga masih berjalan. Sehingga kami harapkan, dengan capaian vaksinasi akan terbentuk herd immunity atau kekebalan kelompok," harap mantan Dirut RSUD Sanjiwani ini. *nvi

Komentar