nusabali

Cek Dam Jembatan Pinggan-Siakin Rusak

  • www.nusabali.com-cek-dam-jembatan-pinggan-siakin-rusak

BANGLI, NusaBali
Cek dam jembatan yang menghubungkan Desa Pinggan dengan Desa Siakin Kecamatan Kintamani, Bangli rusak.

Kerusakan cek dam akibat tergerus air. Saat hujan lebat, debit air di jalur tersebut sangat besar. Perbaikan masih menunggu proses hibah aset.  Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli, I Wayan Lega Suprapto mengatakan, kerusakan pada bagian cek dam diketahui pada dua pekan lalu. Jembatan masih dalam kondisi baik dan aman untuk dilalui. “Kami mendapat laporan ambrolnya bagian cek dam, petugas telah turun melakukan pengecekan,” jelas Lega Suprapto, Rabu (26/1).

Lega Suprapto mengatakan, perbaikan masih tunggu proses hibah dari BNPB kepada Pemkab Bangli. Perbaikan baru bisa dilakukan jika sudah ada proses hibah. Pemkab Bangli dapat melakukan  perbaikan jika aset tersebut milik daerah. "Salah kalau yang diperbaiki bukan aset daerah,” jelas Lega Suprapto.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kegiatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Jembatan Pinggan-Siakin, Putu Dedy Upariawan mengatakan, jembatan Pinggan-Siakin dibangun tahun 2020 dengan dana pasca bencana dari BNPB. Pembangunan jembatan dengan anggaran Rp 5,4 miliar. Setelah melalui proses tender, kontrak kegiatan Rp 4,3 miliar. “Anggaran yang dihabiskan untuk pembangunan jembatan Desa Pingan tembus pondokan Siakin sebesar Rp 4,3 miliar," ungkap Putu Dedy. Saat ini masih proses hibah untuk bisa dipelihara oleh Pemkab Bangli. Putu Dedy memastikan jembatan masih dalam kondisi aman. “Dari informasi yang kami dapat, dalam waktu dekat bangunan jembatan akan dihibahkan ke Dinas PU Bangli sehingga bisa dilakukan perbaikan secepatnya,” ujar Putu Dedy yang juga Kabid Sarana Prasana Dinas PUPR Perkim Bangli ini. *esa

Komentar