nusabali

Vihara Dharmayana Kuta Berbenah Sambut Imlek

  • www.nusabali.com-vihara-dharmayana-kuta-berbenah-sambut-imlek

MANGUPURA, NusaBali.com - Ratusan warga etnis Tionghoa mempersiapkan perayaan Tahun Baru Imlek 2573, Selasa (1/2/2022) mendatang,  dengan melakukan sejumlah persiapan di Vihara Dharmayana Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

"Di Vihara Dharmayana Kuta menjelang Tahun Baru Imlek hari ini kami mulai dengan membersihkan area vihara, membersihkan rupang atau arca dewa dewi serta memasang lampion," ujar Penanggung Jawab Tempat Ibadah Vihara Dharmayana Kuta, Adi Dharmaja Kusuma, di Badung, Rabu (26/1/2022).

Ia menjelaskan, pencucian patung serta rupang itu dilakukan warga karena dipercaya pada hari ini dewa dewi yang ada di tempat ibadah sedang menghadap kepada dewa langit sehingga umat diberikan ruang dan waktu untuk menurunkan arca serta melakukan pembersihan.

"Nanti dua atau tiga hari sebelum perayaan Imlek kami percaya beliau akan kembali. Itu secara tradisi sudah turun menurun dan harapannya saat beliau datang dan kami saat melaksanakan persembahyangan itu semuanya sudah suci dan bersih," katanya.

Adi Dharmaja Kusuma menambahkan, pada kesempatan itu ratusan umat terpantau antusias mengikuti kegiatan pembersihan puluhan patung dan rupang dewa-dewi serta pembersihan area tempat ibadah Vihara Dharmayana Kuta.

"Memang setiap tahunnya kegiatan ini pasti kami laksanakan. Namun tahun lalu umat yang terlibat memang tidak sebanyak tahun ini karena adanya pembatasan karena pandemi Covid-19. Tahun ini meskipun lebih banyak namun kami pastikan protokol kesehatan tetap diterapkan oleh seluruh umat," ungkapnya.

Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek, pihaknya juga akan berencana menyelenggarakan ritual tolak bala yang diikuti oleh Barongsai dan Naga Liong yang berkeliling di sekitar kawasan Kuta.

"Namun ritual itu pelaksanaannya masih akan melihat perkembangan kondisi pandemi. Nanti pada tanggal 1 Februari kami juga akan membuka vihara untuk persembahyangan Imlek namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan," kata Adi Dharmaja Kusuma. *ant

Komentar