nusabali

Krama Desa Adat Muntig Tuntas Perbaiki Pura Puseh

  • www.nusabali.com-krama-desa-adat-muntig-tuntas-perbaiki-pura-puseh

AMLAPURA, NusaBali
Krama Desa Adat Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem telah menuntaskan perbaikan Pura Puseh yang rusak terbakar pada Selasa, 15 Oktober 2019 lalu.

Kebakaran diduga akibat orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang bermain korek api. Pemugaran dan perbaikan Pura Puseh Desa Adat Muntig menghabiskan biaya Rp 1 miliar. Pasca perbaikan, Desa Adat Muntig rencanakan menggelar karya mamungkah pada Purnama Kalima, Anggara Ukir Pon, Selasa (8/11) mendatang.

Bendesa Adat Muntig, Jro Mangku Puspa, mengungkapkan kebakaran mengakibatkan Bale Agung ukuran 24 meter x 3 meter, Bale Panggungan ukuran 18 meter x 6 meter, dan Bale Pegat ukuran 12 meter x 2 meter hangus terbakar. Ketiga bangunan ini beratap ijuk. Perbaikan pura menggunakan pendapatan asli desa adat dari galian C dan pariwisata. “Selain tiga bangunan suci, kebakaran juga menghaguskan 7 jempana dan 12 palinggih,” ungkap Jro Mangku Puspa yang juga Bendesa Alitan Majelis Desa Adat Kecamatan Kubu, Selasa (25/1).  

Kebakaran pertama kali diketahui I Nyoman Bendesa yang kebetulan melintas di lokasi. Saksi melihat kobaran api membakar Bale Agung, Bale Panggungan, dan Bale Pegat di jaba Pura Puseh. Nyoman Bendesa melaporkan kebakaran itu kepada Bendesa Adat Muntig Jro Mangku Puspa yang diteruskan ke Pos Pemadam Kebakaran Kecamatan Abang. Pagi itu, 19 petugas mengerahkan 4 unit mobil pemadam kebakaran berjuang padamkan api. *k16

Komentar