nusabali

Bupati Suwirta Motivasi 33 PMI Calon Pekerja di Kapal Pesiar

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-motivasi-33-pmi-calon-pekerja-di-kapal-pesiar

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memotivasi 33 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) di ruang rapat Widya Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (25/1).

33 calon PMI ini berasal dari program inovasi Bupati Suwirta yakni memberangkatkan anak KK miskin untuk bekerja di kapal pesiar.

Bupati Suwirta mengatakan program ini serangkaian menuntaskan kemiskinan di Kabupaten Klungkung, dengan menggunakan konsep berikan kail bukan ikan. Konsep ini diimplementasikan menjadi beberapa inovasi, salah satunya memberangkatkan anak KK miskin untuk bekerja di kapal pesiar. "Jaga kesehatan dan persiapkan diri dengan baik," ujar Bupati Suwirta kepada para calon PMI.

Dalam arahannya, Bupati Suwirta menugaskan Dinas Tenaga Kerja Pemkab Klungkung agar bekerjasama dengan lembaga keuangan dan memberdayakan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) di Kabupaten Klungkung, untuk dapat memfasilitasi keberangkatan anak KK miskin bekerja di kapal pesiar. "Perlu pula penjajakan ke agen-agen yang potensial memberangkatkan calon PMI ke kapal pesiar," kata Bupati Suwirta.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemkab Klungkung I Wayan Sumarta mengakui calon PMI ini berasal dari program inovasi Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta yakni memberangkatkan anak KK Miskin ke Kapal pesiar, dengan jumlah 33 orang.

Sebagaimana diketahui, Pemkab Klungkung sejak tahun 2019 lalu, aktif memberdayakan warga dari KK miskin dengan program pemagangan calon PMI. Bagi KK miskin yang lulus pemagangan akan diberangkatkan untuk bekerja di kapal pesiar. Tahun 2019 ada 20 warga dari KK miskin dilatih keterampilan bahasa Inggris maupun pelatihan bekerja di kapal pesiar. Disusul, tahun 2020 ada 15 orang  juga dari keluarga miskin diberikan keterampilan yang sama. Sedangkan tahun 2021, program tersebut harus ditunda terlebih dahulu karena pandemi Covid-19.
*wan

Komentar