nusabali

UNM Studi Banding Pengusulan Prodi Pendidikan Kedokteran ke Undiksha

  • www.nusabali.com-unm-studi-banding-pengusulan-prodi-pendidikan-kedokteran-ke-undiksha

SINGARAJA, NusaBali
Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Singaraja, Buleleng, menerima kunjungan dari Universitas Negeri Makassar (UNM), pada Selasa (25/1).

Kunjungan ini dalam rangka studi banding pengusulan Program Studi Pendidikan Kedokteran. Rombongan UNM dipimpin langsung Rektor Husain Syam, didampingi para Wakil Rektor dan jajaran lainnya.

Kedatangan pihak UNM diterima Rektor Undiksha, Prof I Nyoman Jampel, didampingi para Wakil Rektor, Ketua Lembaga, Kepala Biro, sejumlah pejabat Fakultas Kedokteran, dan Tim Pengembangan Prodi Pendidikan Kedokteran. Rektor Jampel mengungkapkan, kunjungan UNM sebagai suatu kehormatan bagi Undiksha karena dari segi reputasi dan posisi, UNM sudah berskala nasional dan internasional.

Kata Jampel, kunjungan ini menunjukkan Undiksha dipandang memiliki kelebihan dalam upaya pendirian prodi pendidikan kedokteran. "Tetapi Undiksha dianggap memiliki kelebihan sehingga dikunjungi oleh UNM, karena kami sebagai perguruan tinggi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan pertama kali mendapatkan ijin Prodi Kedokteran," katanya. Ditambahkan, pengusulan prodi ini harus didukung dengan  proposal yang lengkap dan kajian secara mendalam.

Sementara itu, Rektor UNM, Husain Syam mengungkapkan keinginannya untuk studi banding ke Undiksha karena untuk klaster Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK), Undiksha adalah perguruan tinggi yang pertama kali memiliki program studi pendidikan kedokteran.

"Jika demikian berarti kami harus belajar ke Undiksha. Itu pertama, belajar untuk bisa menghadirkan layanan di masyarakat khususnya di UNM, yaitu Ilmu Kedokteran, seperti yang ada di Undiksha. Karena itu saya juga tidak mengatakan Undiksha di bawah grade dari kita, itu sama pergerakannya. Karena ada yang lebih di UNM ada yang kurang, begitu pula sebaliknya," ungkapnya.

Kehadirannya ke Undiksha menunjukkan bentuk keseriusan pihaknya untuk belajar, untuk mempersiapkan berbagai hal dalam rangka mewujudkan prodi pendidikan kedokteran.  Di sisi lain, kolaborasi antara Undiksha dengan UNM sudah berjalan sejak lama. Ke depan, kolaborasi ini diupayakan terus dipererat untuk bersama-sama meningkatkan kualitas output.*mz

Komentar