nusabali

STT Ragu Ikuti Lomba Ogoh-ogoh

Khawatir Lomba Dibatalkan Pihak Berwajib

  • www.nusabali.com-stt-ragu-ikuti-lomba-ogoh-ogoh

Apakah Ogoh-ogoh akan bisa diarak atau tidak pada saat Pangrupukan nanti. Kami juga belum bisa menjawab. (Manggala Pasikian Yowana Kabupaten Gianyar Pande Made Widia).

GIANYAR, NusaBali

Sejumlah Sekaa Teruna-teruni (STT) di Gianyar ragu untuk mengikuti Lomba Ogoh-ogoh yang digelar Pasikian Yowana Kabupaten Gianyar. Karena mereka khawatir setelah Ogoh-ogoh selesai dibuat, malah ada pembatalan Lomba Ogoh-ogoh secara mandadak dari pihak berwenang.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Manggala Pasikian Yowana Kabupaten Gianyar Pande Made Widia bersama Manggala Pasikian Yowana Tegalalang Tubagus Dananjaya memastikan Lomba Ogoh-ogoh tetap jalan. Pande Made Widia mengatakan, lomba ini untuk menjaga rasa persaudaraan saat membuat Ogoh-ogoh. Yowana akan tetap menilai saat Ogoh-ogoh tersebut jadi. "Semangat gotong royong ketika proses pembuatan ini yang perlu dijaga," ujarnya, Selasa (25/1).

Pande Made mengakui ada kekhawatiran dari sekaa teruna terkait boleh tidaknya Ogoh-ogoh diarak keliling banjar atau desa. "Terkait itu, kami pun ragu. Apakah Ogoh-ogoh akan bisa diarak atau tidak pada saat Pangrupukan nanti. Kami juga belum bisa menjawab. Karena itu kebijakan," jelas Pande.

Dia mengharapkan Lomba Ogoh-ogoh ini bisa mengurangi kekhawatiran tersebut. Setidaknya, Ogoh-ogoh yang sudah dibuat meski tidak bisa diarak, tetap akan diberi nilai. "Apabila hal terburuk datang ketika Ogoh-ogoh tidak boleh diarak karena kasus virus meningkat, minimal tetap bisa mengikuti lomba. Dalam perlombaan tersebut apabila memperoleh juara, maka akan mampu mengobati rasa sedih dan kecewa, karena tidak adanya pengarakan Ogoh-ogoh," terangnya.

Pande menegaskan, diperbolehkan atau tidak pengarakan Ogoh-ogoh, lomba tetap diadakan. Karena lomba ini adalah lomba pembuatan Ogoh-ogoh, bukan lomba pawai atau lomba pengarakan Ogoh-ogoh. "Kami pastikan lonba ini tidak menimbulkan kerumunan, karena tim juri akan turun langsung ke lapangan untuk menilai Ogoh-ogoh yang terpilih mewakili kecamatannya," jelasnya.*nvi

Komentar