nusabali

Puri Peliatan Gelar Festival Ogoh-ogoh Mini dan Baleganjur Ngarap

  • www.nusabali.com-puri-peliatan-gelar-festival-ogoh-ogoh-mini-dan-baleganjur-ngarap

GIANYAR, NusaBali
Puri Agung Peliatan dan Komunitas Bala Jaya menggelar Peliatan Ubud Ogoh-ogoh Mini Festival dan Baleganjur Ngarap Festival 2022.

Festival ini untuk mewadahi pemuda Bali dalam berkreativitas dalam bidang seni.  Ketua Panitia Peliatan Ubud Ogoh-ogoh Mini Festival dan Baleganjur Ngarap Festival 2022, Cokorda Putra Krisna Surya Wedana menjelaskan bahwa Lomba Ogoh-ogoh Mini akan diselenggarakan pada 30 Januari 2022 dan akan diikuti sekitar 40 karya seni. Lomba Ogoh-ogoh mini ini ada beberapa kategori yaitu Ogoh-ogoh mini mesin, Ogoh-ogoh mini non mesin, tapel Ogoh-ogoh mini dan sketsa Ogoh-ogoh," ujarnya, Senin (24/1).

Dia menjelaskan lomba tersebut sebagai wadah sekaligus wujud apresiasi terhadap pemuda Bali dalam mencurahkan bakat dan kreativitas dalam bidang seni, khususnya seni rupa. Karena sejak pandemi Covid-19, Maret 2020, banyak bakat-bakat seni tidak tersalurkan. "Kami dari Komunitas Bala Jaya akan mengadakan lomba sekaligus pameran Ogoh-ogoh mini ini di Ancaksaji Puri Agung Peliatan," imbuhnya.

Sebagaimana diketahui, Ancaksaji Puri Agung Peliatan cocok digunakan sebagai tempat untuk menggelar acara-acara seni. Antara lain, seni karawitan, tari, hingga pameran Ogoh-ogoh mini se-Bali.

Kriteria Ogoh-ogoh mini yang dilombakan, jelas Cok Putra Krisna, tinggi 1 meter di luar tatakan (pondasi), bahan ramah lingkungan alias no styrofoam, no spons dan no plastic. "Tema yang bisa diangkat itu adalah bhuta kala, pawayangan, pamurtian, dan tokoh sakti. Lomba wajib mematuhi protokol kesehatan," bebernya.

Dia berharap melalui lomba ini, kreativitas pemuda Bali khususnya pemuda Peliatan, Ubud, tidak melenceng dari pakem adat dan budaya Bali. Dia berharap model lomba ini bermuara pada peningkatan ekonomi kreatif.

Selain Lomba Ogoh-ogoh mini, juga digelar Lomba Baleganjur Ngarap yang akan digelar pada 12 dan 13 Februari 2022, dan Lomba Menggambar Ogoh-ogoh yang melibatkan anak-anak SD se-Desa Peliatan. *nvi

Komentar