nusabali

Pasca Tahanan Kabur, Propam Sidak Polres Jembrana

  • www.nusabali.com-pasca-tahanan-kabur-propam-sidak-polres-jembrana

NEGARA, NusaBali
Pasca kaburnya tiga tahanan, Tim Bidang Propam Polda Bali melakukan sidak ke Polres Jembrana, Jalan Pahlawan, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana, Jembana, Senin (24/1) pagi.

Sidak melalui tim yang dipimpin oleh Kepala Sub Bidang Pengamanan Internal (Kasubbid Paminal) Bidang Propam Polda Bali AKBP Ida Bagus Ketut Surya Darma ini, melakukan pendataan sekaligus pengawasan terkait senjata api (senpi), penjagaan tahanan, kendaraan dinas, rumah dinas, hingga jumlah personel Polres setempat.

Kehadiran tim Bidang Propam Polda Bali ke Polres Jembrana itu, diterima langsung oleh Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gde Juliana, bersama Wakapolres Jembrana dan Kasi Propam Polres Jembrana. Setelah tiba di Mapolres Jembrana, AKBP Surya Darma bersama tim langsung mengawasi pelaksanaan apel pagi personel Polres Jembrana, sekaligus memberi arahan dalam apel tersebut.

AKBP Surya Darma mengatakan, kehadirannya bersama tim ke Polres Jembrana, untuk menindaklanjuti perintah dari Kabid Propam Polda Bali untuk melaksanakan kegiatan pengawasan pimpinan terhadap setiap pelaksanaan tugas. Salah satu hal yang juga menjadi penekanan pimpinan, bagaimana agar selalu melaksanakan tugas dengan baik. Termasuk mengenai absen kehadiran personel setiap hari.

"Kita di Paminal ini adalah untuk mengingatkan rekan-rekan. Bukan mencari-cari kesalahan. Peran pengawasan pimpinan yaitu pada saat pelaksanaan Operasi Bersih yang juga kita dilaksanakan ketika ada Operasi Kepolisian. OTT (Operasi Tangkap Tangan) dilaksanakan apabila ada laporan maupun pengaduan dan viral di media sosial sehingga diharapkan rekan-rekan tetap berhati-hati dan laksanakan tugas dengan baik," ucap AKBP Surya Darma.

Pengawasan lainnya, sambung AKBP Surya Darma, adalah menyangkut pengaduan masyarakat (dumas). Bagaimana dalam setiap menerima dumas, wajib dilakukan lidik terlebih dahulu dan tetap melakukan penyelidikan dan penyidikan secara profesional.

Terkait adanya 3 tahanan Polres Jembrana yang sempat kabur, AKBP Surya Darma mengapresiasi kesigapan Polres Jembrana sehingga tahanan bisa ditemukan semuanya. Namun hal serupa diharapkan tidak terulang kembali. Sebagai evaluasi agar dapat memaksimalkan pelaksanaan tugas ke depan, dirinya pun meminta agar para danton masing-masing Satker menulis setiap faktor permasalahan personel, memberikan saran pimpinan dan tindakan yang dilakukan untuk selanjutnya dikumpulkan di Seksi Propam Polres Jembrana.

Usai memberi arahan dalam apel tersebut, AKP Surya Darma bersama tim melanjutkan pengecekan ke gudang senpi. Setelah itu dilaksanakan pengecekan ke ruangan tahanan dan sejumlah fasilitas di Polres Jembrana. Dalam pemantauan ke ruangan tahanan itu, tim sempat memantau kondisi plafon yang dijebol 3 orang tahanan yang sempat kabur dari ruangan tahanan Polres Jembana. Untuk mengantisipasi adanya kejadian serupa, dari pihak Polres Jembrana tengah melakukan revitalisasi di ruangan tahanan setempat.

Kapolres Jembana AKBP I Dewa Gde Juliana mengatakan, revitalisasi ruang tahanan itu, dilakukan sebagai upaya mencegah terulangnya kejadian tahanan kabur. Disamping revitalisasi fasilitas ruang tahanan itu,  adanya peristiwa tahanan yang sempat kabur itu, juga dijadikan evaluasi bersama dalam pengamanan markas dan tahanan, perwira pengawas (Pawas), perwira pengendali (Padal), termasuk piket fungsi yang juga berperan penting dalam pelaksanaan tugas. *ode

Komentar