nusabali

Tanam Ribuan Pohon di Seluruh Bali, PDIP Bumikan Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali

  • www.nusabali.com-tanam-ribuan-pohon-di-seluruh-bali-pdip-bumikan-tata-titi-kehidupan-masyarakat-bali

SEMARAPURA, NusaBali.com – Dalam rangka HUT ke-49, PDI Perjuangan (PDIP) melakukan penanaman ribuan pohon di seluruh Bali.

Wakil Ketua DPD Bidang Pemenangan Pemilu DPD PDIP IGN Alit Kusuma Kelakan mengatakan aksi penanaman pohon di seluruh Bali sebagai bentuk konsisten menjaga lingkungan dan pelaksanaan Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali, berdasarkan Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali era Baru.

Hal itu diungkapkan Alit Kelakan saat penanaman pohon bersama Ketua DPC PDIP Kabupaten Klungkung Anak Agung Gede Anom, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta di Pantai Lembongan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida Kabupaten Klungkung,  Minggu (23/1/2021) pagi.  

Alit Kelakan yang juga Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali ini, mengungkapkan penanaman pohon yang serentak dilaksanakan kader, simpatisan PDI Perjuangan merupakan  wujud pelaksanaan Tata Titi Kehidupan Masyarakat Bali berdasarkan Kearifan Lokal Sad Kerthi dalam Bali era Baru. "Tata-titi kehidupan masyarakat Bali yang menyatu dan menjaga keseimbangan dan  keharmonisan antara Alam Bali, Manusia/Krama Bali, serta kearifan lokal secara niskala dan sakala," ujar Ali Kelakan.

Penanaman pohon mangrove yang dihadiri ribuan kader dan simpatisan PDIP di Pantai Lembongan, kata Alit Kelakan, juga merupakan rangkaian dari acara memperingati HUT Ke-49 PDIP dan hari lahir Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (ulang tahun ke-75).  Selain itu penanaman pohon ini juga dirangkaikan dengan perayaan Rahina Tumpek Uye, yang jatuh pada Saniscara Kliwon Uye, Sabtu (29/1/2022) mendatang.


“Penanaman pohon ini kita rangkaikan dengan tiga momen penting, yakni HUT Ke-49 PDI Perjuangan yang bertemakan 'Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya' dan hari lahir Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Serta merayakan Tumpek Uye sebagai pelaksanaan tata titi kehidupan masyarakat Bali berdasarkan nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi dalam Bali Era Baru,” ujar mantan Wakil Gubernur Bali periode 2003-2008 ini.

Alit Kelakan juga menginformasikan, di Bali selain berlokasi di Pantai Lembongan, penanaman pohon mangrove juga dilaksanakan di Kawasan Pantai Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Pantai Tuwed, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Dan Pantai Telaga Waja, Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung. 

Sementara penanaman pohon Cemara Udang dilaksanakan di Pantai Bukit Muntig Siokan, Mertasari, Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Selain di Bali, kader PDIP di seluruh Indonesia juga melakukan kegiatan serupa. Gerakan menanam pohon ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Indoensia. Jenis pohon yang ditanaman disesuaikan dengan karakteristik daerah masing-masing. “Ini merupakan program PDI Perjuangan untuk penyelamatan lingkungan dan ekosistem, “ kata Alit Kelakan

Alit Kelakan menyebutkan PDIP Bali, sangat konsisten dengan isu lingkungan. Hal ini ditunjukkan pada  Peringatan Tumpek Uye hari Sabtu mendatang (29/1/2022) mendatang sebagai ‘Hari Lingkungan Hidupnya Masyarakat Bali’  dilaksanakan secara sekala niskala. 

"Secara niskala dilaksanakan dengan upacara dan upakara. Secara sekala dilaksanakan pelepasan ribuan bibit ikan. Melepas binatang seperti luwak, babi hutan, kijang, kidang, burung crukcuk, kutilang dan celepuk di hutan. Juga dilaksanakan vaksinasi anjing ras Bali, serta melaksanakan resik sampah," tegas mantan aktivis GMNI ini. *nat

Komentar