nusabali

PDIP Tanam Ribuan Bibit Pohon Secara Serentak di Bali

Rangkaian HUT Ke-49 PDIP dan Hari Lahir Ketum Megawati

  • www.nusabali.com-pdip-tanam-ribuan-bibit-pohon-secara-serentak-di-bali

JAKARTA, NusaBali
DPP PDIP menggelar Penanaman ribuan Pohon Mangrove dan Cemara Udang secara serentak di beberapa wilayah di Provinsi Bali, Minggu (23/1) hari ini.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke-49 PDIP bertema ‘Bangunlah Jiwa dan Badannya untuk Indonesia Raya’ sekaligus juga hari lahir Ketua Umum DPP PDIP Prof Dr (HC) Hj Megawati Soekarnoputri pada tanggal 23 Januari.

"Penanaman Pohon Mangrove dan Cemara Udang dilaksanakan secara serentak pada tanggal 23 Januari 2022 di lima lokasi. Dari Bali pencanangannya untuk dilakukan juga serentak di seluruh Tanah Air," ujar Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (22/1). Fungsionaris partai termasuk yang saat ini menjabat sebagai Menteri di Pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin bersama kader akan ikut secara langsung dalam kegiatan tersebut.

Hasto sendiri sudah tiba di Bali pada, Sabtu kemarin bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menkumham Yasonna Laoly, anggota DPR RI Deddy Yevri Sitorus dan wakil ketua panitia HUT PDIP Pulung Agustanto. Hasto menerangkan, penanaman Pohon Mangrove akan dilakukan di kawasan Pantai Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng. Di lokasi itu, Hasto akan memimpin langsung bersama Gubernur Bali Wayan Koster. Tak ketinggalan anggota DPR RI I Nyoman Parta ikut serta di sana.

Di Pantai Telaga Waja, Kelurahan Tanjung Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung akan dipimpin Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Sosial Tri Rismaharini, anggota DPR RI I Ketut Kariyasa Adnyana dan Kirana Larasati, Wakil Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Bidang Pemuda dan Olah Raga.

Sementara di Pantai Tuwed, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, akan dipimpin Ketua DPP PDIP I Made Urip dan anggota DPR RI Anak Agung Rai Wirajaya. Di Pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, dipimpin anggota DPR RI IGN Alit Kesuma Kelakan.

Sementara untuk penanaman Pohon Cemara Udang dilaksanakan di Pantai Bukit Muntig Siokan, Mertasari, Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar bersama Ketua DPP PDIP yang juga Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly dan anggota DPR RI seperti Krisdayanti dan I Wayan Sudirta.

Menurut Hasto, perayaan ulang tahun Partai dan Ketua Umum sebagai bentuk kepedulian PDIP terhadap alam dan lingkungan, terutama melihat banyak sekali yang pohon berikan untuk keberlangsungan hidup manusia dan makhuk hidup lainnya. Terlebih, saat ini pemerintah konsisten mendorong upaya-upaya rehabilitasi ekosistem mangrove dengan melibatkan semua pihak.

"Terkait hal itu, PDIP berkomitmen terhadap lingkungan dan upaya penanganan perubahan iklim. Partai berharap agenda ini dapat menunjang kepemimpinan Indonesia pada KTT G-20 tahun 2022 ini. Apalagi, partai selama ini aktif dengan beberapa agenda penghijauan," urai Hasto. Rencananya bibit Pohon Mangrove yang akan ditanam berjumlah 21.000. Sementara bibit Pohon Cemara Udang berkisar 500. Bagi Hasto, pohon berperan besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem di bumi. Manfaat utamanya sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil kayu sebagai bahan baku bangunan, penghasil buah-buahan, bahan obat dan bahan nabati lainnya serta sebagai tempat berlindung berbagai spesies binatang.

Hasto menambahkan Ketua Umum PDIP akan menyaksikan kegiatan penanaman Mangrove ini secara virtual. "Rangkaian agenda HUT Partai dan hari lahir Ibu Ketua Umun memang dipusatkan di Bali. Namun, nantinya akan ada juga agenda di kantor Partai dan dari daerah-daerah. Semua rangkaian kegiatan bisa disaksikan melalui akun resmi media sosial PDIP," jelas Hasto.

Terpisah Ketua Koordinator HUT DPD PDIP Bali, Dewa Made Mahayadnya alias Dewa Jack mengatakan sebanyak 21.000 bibit pohon mangrove akan ditanam di Kabupaten Buleleng, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Badung dan Kabupaten Klungkung. Sisanya ada 500 bibit pohon Cemara akan ditanam di Kota Denpasar. Rinciannya penanaman pohon mangrove di Kawasan Banyuwedang, Desa Pejarakan, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng sebanyak 15.000 bibit, di Pantai Tuwed, Desa Tuwed, Kecamatan Melaya, Jembrana sebanyak 3.000 bibit, di Pantai Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung sebanyak 2.000 bibit, di Pantai Telaga Waja, Kelurahan Tanjung Benoa Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung sebanyak 1.000 bibit. Kegiatan penghijauan sebagai penghormatan terhadap alam dan kelestarian lingkungan ini akan melihat 5.400 kader partai.

"Untuk mangrove total 21.000 bibit kita tanam. Kegiatan di Provinsi Bali dihadiri langsung Pak Sekjen DPP PDIP (Hasto Kristiyanto). Pak Hasto akan hadiri kegiatan penanaman di Buleleng," ujar politisi asal Desa Banjar, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng yang juga Bendahara DPD PDIP Bali ini.

Sementara untuk penanaman Pohon Cemara akan dilaksanakan di Pantai Bukit Muntig Siokan, Mertasari, Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan. Selain itu ada juga pelepasan 500 bibit udang. "Ini kegiatan di seluruh Indonesia, PDIP dalam setiap kegiatan HUT tidak pernah meninggalkan kegiatan penghijauan sebagai bagian dari upaya menjaga dan melestarikan lingkungan," ujar Ketua Fraksi PDIP DPRD Bali ini. *k22, nat

Komentar