nusabali

Kerap Banjir hingga Picu Macet, Irigasi di Pos Dadakan Dikeruk

  • www.nusabali.com-kerap-banjir-hingga-picu-macet-irigasi-di-pos-dadakan-dikeruk

TABANAN, NusaBali
Satlantas Polres Tabanan mengerahkan alat berat untuk mengeruk aliran irigasi di jalur Denpasar – Gilimanuk tepatnya di Pos Dadakan, Desa Abiantuwung, Kecamatan Kediri, Tabanan pada Sabtu (22/1).

Pengerukan tersebut dilakukan karena aliran tersebut kerap tersumbat hingga menyebabkan banjir, dan imbasnya lalulintas di wilayah tersebut macet.  Pengerukan dilakukan pukul 09.00 Wita dipimpin Kasatlantas Polres Tabanan AKP Kanisius Pranata. Selain terjadi penyumbatan terowongan, aliran sungai juga terjadi pendangkalan.

“Kami lakukan pengerukan guna menciptakan situasi lalulintas menjadi lancar,” kata AKP Kanisius Pranata.

Menurutnya jika tak dilakukan pengerukan aliran irigasi, saat musim hujan ataupun hari biasa kerap terjadi banjir yang meluap ke jalan raya. Kondisi ini menyebabkan situasi lalulintas di jalur Denpasar – Gilimanuk menjadi macet. “Banyak sampah yang ditemukan di dalam terowongan. Selain karena tersumbat sampah, aliran irigasi juga terjadi pendangkalan,” tegasnya.

Dengan kondisi itu ppihaknya langsung melakukan koordinasi bersama dengan pekaseh Subak Tungkub Desa Kaba-Kaba yang aliran airnya menuju subak tersebut. “Kondisi air sekarang sudah mengalir dengan baik, awalnya tidak lancar karena tersumbat sampah,” imbuh AKP Kanisius Pranata.

Dia pun meminta kepada seluruh masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama ke saluran irigasi karena akan berdampak fatal. *des

Komentar