nusabali

Dewan Minta Eksekutif Terus Yakinkan Pusat

Pasca Satu Agenda KTT G-20 Pindah ke Jakarta

  • www.nusabali.com-dewan-minta-eksekutif-terus-yakinkan-pusat

DENPASAR, NusaBali
Meskipun hanya satu dari 345 agenda pertemuan KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) G-20 dipindah dari Bali ke Jakarta, namun komponen pariwisata di Bali masih merasa khawatir.

Hal itu disampaikan Ketua Komisi II DPRD Bali membidangi pariwisata, Ida Gede Komang Kresna Budi, Sabtu (22/1). Kresna Budi pun meminta eksekutif (Gubernur Bali Wayan Koster, Red) mengawal supaya jangan ada agenda yang dipindah lagi keluar Bali. Kresna Budi mengatakan Gubernur Koster pasti bisa meyakinkan pemerintah pusat, khususnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar sejumlah agenda tidak ada yang dipindahkan.

"Harus dikawal ini oleh Pemprov Bali, karena masyarakat Bali, terutama komponen pariwisata sangat trauma akan ada pemindahan susulan," ujar Kresna Budi. Politisi Partai Golkar asal Kelurahan Liligundi Kecamatan/Kabupaten Buleleng ini menegaskan memang ada 345 agenda pertemuan dalam KTT G-20 yang akan dilaksanakan pada Oktober 2022 nanti. Hanya saja, rangkaian sudah berjalan sejak Desember 2021. "Nah, dikhawatirkan satu per satu nanti malah dipindahkan dengan alasan kesehatan. Padahal, dari sisi kesehatan, protokol kesehatan, Bali sangat bagus secara nasional," ujar Ketua DPD II Golkar Buleleng ini. Kresna Budi mengatakan pihaknya yakin Gubernur Koster akan bisa mengawal sejumlah agenda penting rangkaian G-20 sehingga tetap diadakan di Bali. Karena sejumlah persiapan sudah dimatangkan dengan terjunnya pejabat pusat ke Bali didampingi langsung Gubernur Koster.

Mulai Menteri PUPR, Menlu Retno Marsudi terjun ke Bali meninjau sejumlah venue kunjungan delegasi G-20 di Pulau Dewata. "Artinya, Pak Gubernur Koster sangat gigih mengawal. Kita dukung upaya ini, supaya kekhawatiran masyarakat pariwisata terobati kekhawatirannya, takutnya mereka satu-per satu nanti dipindah, mudah-mudahan tidak terjadi," ujar Kresna Budi.

Sementara terkait dengan pelaksanaan KTT G-20 dengan agenda utama di Bali pada Oktober 2022 mendatang Gubernur Koster mengikuti rapat koordinasi dengan Menko Maritim dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kominfo Johny G Plate, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menkopolhukam Mahfud MD, serta Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jumat (21/1) siang.

Sementara Gubernur Koster didampingi Sekretaris Satgas Covid-19 Provinsi Bali yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Bali Made Rentin, Kadishub I Wayan Gede Samsi Gunarta dan Kadis Pariwisata Tjokorda Bagus Pemayun.

Dalam pertemuan yang diikuti secara virtual dari Komplek Rumah Jabatan Gubernur Bali, Gedung Jaya Sabha Denpasar itu dimatangkan kesiapan sejumlah venue kunjungan delegasi KTT G-20 di Bali. Gubernur Koster juga menjelaskan sejumlah kesiapan mengenai penanganan Pandemi Covid-19 sebelum kegiatan internasional itu digelar. *nat

Komentar