nusabali

Barca Tumbang, Dembele Dibuang

  • www.nusabali.com-barca-tumbang-dembele-dibuang

SAN MEMES, NusaBali
Barcelona  tersingkir dari Copa del Rey, usai tumbang 2-3 dari Athletic Bilbao melalui extra time di Stadion San Mames, Jumat (21/1) dinihari WITA.

Usai laga itu, Blaugrana pun ‘membuang’ winger Ousmane Dembele, karena belum juga bersedia meneken kontrak baru dan menunut kenaikan bayaran.

Kekalahan dari Bilbao membuat Barca benar-benar mengalami pekan yang malang. Betapa tidak, Barca tampil lebih buruk daripadaBilbao pada laga tersebut. Lini pertahanan diisi pemain-pemain tua dan berkali-kali diuji kecepatan dan tipu daya Nico Williams.

Meski demikian, Barcelona sebenarnya menunjukkan daya juang dengan dua kali menyamakan skor. Gol Iker Muniain pada menit ke-2, dibalas Ferran Torres menit ke-20. Bilbao unggul lagi pada menit ke-89 melalui Inigo Martinez, lalu disamakan Pedri di menit ke-90+3.

Laga pun diselesaikan dengan perpanjangan waktu. Barca gigit jari setelah Muiain kembali mencetak gol, dari titik penalti, menit ke-105. Kekalahan itu jelas menambah derita Barca setelah pakan lalu juga tersingkir dari semifinal Piala Super Spanyol.  Barcelona kalah dari Real Madrid juga 2-3 dan melalui perpanjangan waktu.

Setelah hasil itu, harapan Barcelona meraih trofi juara pada musim ini makin tipis, yakni hanya tinggal di Liga Europa. Di Liga Spanyol, peluang Barca sangat berat, usai masih tercecer di peringkat keenam, dengan nilai 32. Mereka tertinggal 17 poin dari pemuncak klasemen, Real Madrid.

Tak lama usai hasil buruk itu, Barcelona  mengambil sikap pasti soal Ousmane Dembele. Ya, Blaugrana menjual winger asal Prancis itu sebelum bursa transfer musim dingin ditutup pada 31 Januari.

Raksasa Spanyol itu berupaya keras membujuk Dembele agar memperpanjang kontraknya sejak tahun lalu. Namun, proses negosiasi berjalan cukup alot karena masing-masing pihak enggan mengalah.

Joan Laporta selaku presiden Barca dan pelatih Xavi Hernandez, seringkali mengatakan Dembele begitu berarti bagi Blaugrana saat ini.

Namun, Dembele sulit dirayu. Kesepakatan kedua belah pihak gagal menemui titik temu. Alhasil, Barca mendesak Dembele meninggalkan Camp Nou, akhir Januari ini.

"Kami menginginkan pemain yang berkomitmen pada proyek kami. Karena itu, kami berharap dapat mentransfer dia sebelum 31 Januari," begitu bunyi pernyataan petinggi Barcelona, Mateu Alemany, bak petir di siang bolong disadur dari The Sun.*

Komentar