nusabali

Sampah Kiriman Mulai Melandai

  • www.nusabali.com-sampah-kiriman-mulai-melandai

MANGUPURA, NusaBali
Serbuan sampah kiriman akibat angin barat mulai berkurang. Di Pantai Seminyak, Legian dan Kuta (Samigita) Kecamatan Kuta, tak lagi terlihat tumpukan sampah seperti awal kemunculannya sekitar Desember 2021.

Meski sudah melandai, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (LHK) Badung masih menyiagakan personel di lapangan.

Koordinator Evakuasi Dini Sampah Laut (Desalut) Dinas LHK Badung I Made Gde Dwipayana, mengatakan berkurangnya sampah kiriman di sepanjang pesisir pantai sebelah barat terjadi sejak sepekan belakangan ini. Namun, tidak menutup kemungkinan akan ada lagi. Ini berkaca dari pengalaman sebelumnya.

Meski sudah berkurang, petugas kebersihan tetap disiagakan mengantisipasi kembali munculnya gelombang sampah kiriman. Sebab, mengacu pada pengalaman sebelumnya fenomena angina barat yang membawa sampah menepi ke pantai berlangsung hingga Maret-April.

“Pengalaman tahun lalu, Januari itu sampah kiriman masih berdatangan dan memenuhi kawasan Pantai Samigita. Namun, selama sepekan belakangan ini justru kemunculannya mulai berkurang,” kata Dwipayana.

Walaupun sampah kiriman mulai melandai, Dwipayana mengaku tetap ada sampah yang berdatangan, hanya dalam jumlah kecil. Dalam sehari, pihaknya tetap mengumpulkan sampah berupa ranting kayu dan juga sampah plastik. “Iya, sekarang volumenya (sampah kiriman) lebih sedikit,” akunya.

Untuk mengantisipasi sampah kiriman itu, pihaknya tetap menyiagakan personel di lapangan agar langsung dibersihkan. “Karena volumenya sedikit, kami langsung tangani dan evakuasi ke sejumlah TPST yang ada di Badung,” imbuh Dwipayana. *dar

Komentar