nusabali

Badung Siap Terapkan IKI

Besaran TPP Tergantung Kinerja ASN

  • www.nusabali.com-badung-siap-terapkan-iki

Dengan penerapan IKI diharapkan para ASN berlomba-lomba menunjukkan kinerjanya, karena terkait pula dengan TPP yang akan diterima.

MANGUPURA, NusaBali

Guna meningkatkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kabupaten Badung akan menerapkan Indikator Kinerja Individu (IKI) pada tahun ini. Penerapan IKI ini sangat berkaitan dengan penghasilan ASN, khususnya Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

IKI merupakan cara mengukur capaian kinerja setiap pegawai sesuai jabatannya serta sebagai tolok ukur pemberian tunjangan kinerja. Dengan adanya IKI, maka setiap pegawai mempunyai sasaran dan tujuan kerja yang jelas, terarah, dan terukur. Setiap pegawai akan memperoleh informasi ukuran keberhasilan sesuai jabatannya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa, menjelaskan penerapan IKI berkaitan dengan perjanjian kinerja dan sasaran kerja pegawai (SKP), dan sebagai tolok ukur pemberian TPP. “Artinya kinerja meningkat, TPP juga mengikuti,” kata Adi Arnawa.

Dengan penerapan IKI diharapkan para ASN berlomba-lomba menunjukkan kinerjanya, karena terkait pula dengan TPP yang akan diterima masing-masing ASN. “Dengan penerapan IKI, Bapak Bupati berharap para ASN dapat berlomba-lomba menunjukkan kinerjanya, khususnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya, Kamis (20/1).

Selain untuk meningkatkan kinerja individu, IKI juga dinilai akan memberikan rasa keadilan bagi ASN. Semakin menujukkan kinerja yang baik, maka akan berpengaruh pada TPP yang akan diterima. Berbeda situasinya dengan sebelumnya, yakni pada tingkatan yang sama, TPP-nya dibayar sama.

“Setelah pemberlakuan IKI ini, TPP yang akan diterima ASN tidak akan sama pada tingkatannya. Siapa yang menunjukkan kinerja baik, dia yang akan mendapatkan lebih besar,” tegas birokrat asal Desa Pecatu Kecamatan Kuta Selatan sembari menambahkan  penerapan IKI akan dilaksanakan pada triwulan kedua.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Badung I Gede Wijaya, mengatakan dalam pelaksanaannya IKI menggunakan suatu sistem, di mana ASN harus melaporkan (upload) setiap kegiatan atau kinerjannya. “Saat ini masih disiapkan perangkat lunak dan kerasnya dulu. Kemudian akan diuji coba sebelum resmi diterapkan,” imbuh Wijaya. *ind

Komentar