nusabali

Sejumlah Desa Awali Pemberkasan PTSL

  • www.nusabali.com-sejumlah-desa-awali-pemberkasan-ptsl

AMLAPURA, NusaBali
Sejumlah desa di Karangasem mulai melakukan pemberkasan PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) tahun 2022. Sebelumnya sudah tuntas melakukan pengukuran, tahun ini disertifikatkan sesuai usulan.

Kepala Kantor Pertanahan Karangasem I Gede Ari Wahyudi SSiT MH mengungkapkan, program PTSL tahun 2021 yang tidak tuntas akan diselesaikan tahun 2022 ditambah target baru.  Gede Ari Wahyudi mengatakan, tiga tim telah ditugaskan ke lapangan menemui perbekel untuk mengundang pemilik lahan melakukan pemberkasan. Tim I dikoordinasikan I Made Ambara Jaya, Tim II dikoordinasikan Gede Irwan Agustian, dan Tim III dikoordinasikan Kiarsyah Mirza Syahputra. Usai pemberkasan dilanjutkan dengan penerbitan sertifikat. Selanjutnya memulai target baru dengan sosialisasi PTSL ke desa-desa sasaran program. Tahapan PTSL yakni sosialisasi, pendataan, pengukuran, sidang panitia, pengumuman pengesahan penerbitan sertifikat gratis, dan penyerahan sertifikat.

Syarat program PTSL di antaranya adanya surat permohonan pengajuan PTSL, pemasangan tanda batas tanah milik yang telah disepakati para pemilik, bersedia hadir jika ditinjau di lapangan agar batas tanah menjadi jelas. “Manfaat PTSL sudah jelas, tanah punya badan hukum, menghindari sengketa, permudah dapat izin usaha di lokasi lahan,” jelas Gede Ari Wahyudi didampingi Kasubag Tata Usaha Ida Ayu Made Patni Dwi Ambarawati, Rabu (19/1).

Realisasi program PTSL tahun 2021 hanya 65,96 persen atau 5.788 berkas dari target 8.774 bidang. Sebanyak 2.986 bidang belum bisa dituntaskan karena berbagai kendala. Dari sejumlah itu, baru 3.809 sertifikat yang tuntas. Diserahkan kepada penerima sebanyak 3.562 sertifikat. Perbekel Desa Ulakan, Kecamatan Manggis I Ketut Sumendra mengakui sedang melakukan pemberkasan PTSL yang merupakan lanjutan tahun 2021. “Sementara baru tuntas 10 bidang, masih ratusan bidang belum tuntas pemberkasannya,” jelas Sumendra.

Lahan milik warga yang masuk program PTSL tersebar di lima banjar yakni Banjar Abian Canang, Banjar Belong, Banjar Kodok, Banjar Mangku, Banjar Tanah Ampo, dan Banjar Tengah. Terpisah, Perbekel Desa Sinduwati, Kecamatan Sidemen, I Nengah Rumana juga melakukan pemberkasan PTSL di Banjar Punia, Banjar Sindu Bali, Banjar Iseh, Banjar Kikian, dan Banjar Kampung Sindu. *k16

Komentar