nusabali

Pasar Kediri dan Terminal Pesiapan Rencana Diberlakukan Parkir Elektronik

  • www.nusabali.com-pasar-kediri-dan-terminal-pesiapan-rencana-diberlakukan-parkir-elektronik

TABANAN, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Tabanan tengah gencar mencari objek pajak baru guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Sebagai tahap awal, rencananya di Pasar Kediri di Desa/Kecamatan Kediri dan Terminal Persiapan di Banjar Dauh Pala, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, akan diterapkan parkir elektronik atau barrier gate mirip di Pasar Transit Tabanan.


Barrier gate yang rencananya diterapkan ini masih proses pembahasan sekaligus penjajakan bersama dengan pihak bank yang diajak kerjasama. Parkir elektronik diterapkan sebagai langkah meningkatkan pendapatan dan menambah objek retribusi parkir baru.

Kepala Dinas Perhubungan Tabanan I Made Yasa mengungkapkan rencana penerapan parkir elektronik ini baru awal. Prosesnya masih penjajakan dengan bank yang akan diajak kerjasama. “Ada bank yang ingin membantu untuk penerapan, artinya kita mengandalkan CSR. Kalau sekarang untuk mengharapkan dana dari pemerintah daerah masih sangat terbatas ya. Prosesnya ini masih bertahap,” kata Yasa, Rabu (19/1).

Menurutnya dengan dipasangnya barrier gate tersebut, pendapatan retribusi menjadi lebih akurat. Sekali data masuk sudah bisa dimonitor oleh sistem. “Jadi proses retribusi parkir dengan sistem elektronik ini efektif. Sehingga kita berharap sponsor yang akan membantu memberikan sesuai dengan yang sudah berjalan di Pasar Transit Tabanan,” harapnya.

Namun, menurut Yasa, ini masih rencana dan memerlukan waktu panjang untuk pembahasan. Yang jelas bank yang diajak bekerjasama sudah menyatakan bersedia membantu. “Memang ada dijanjikan di dua tempat yakni di Terminal Pesiapan dan di Pasar Kediri,” ucap mantan Kadis Koperasi dan UMKM Tabanan ini.

Seperti diketahui Tabanan adalah kabupaten pertama di Bali yang terapkan parkir elektronik. Penerapan parkir elektronik ini dilakukan sejak tahun 2018. Sebanyak 15 mesin parkir elektronik di ruas jalan yang ada di Tabanan telah terpasang. Rinciannya dipasang di Jalan Gajah Mada barat sebanyak 4 unit, Jalan Gajah Mada timur sebanyak 4 unit, Jalan Gunung Batur ada 2 unit, Jalan Melati ada 1 unit, kemudian Jalan MH Thamrin sebanyak 4 unit. Sementara satu alat mesin parkir elektronik juga dipasang di Pasar Transit Tabanan.

Namun khusus penerapan parkir di tepi jalan umum kurang berjalan maksimal. Masyarakat sekarang lebih banyak menyerahkan pembayaran parkir secara manual ke petugas parkir, dan jarang ada yang langsung menggunakan mesin tersebut. *des

Komentar