nusabali

TK di Payungan Akan Pakai Gedung Baru

Pasca 13 Tahun Anak-anak Belajar di Balai Banjar

  • www.nusabali.com-tk-di-payungan-akan-pakai-gedung-baru

SEMARAPURA, NusaBali
Setelah 13 tahun menggunakan balai banjar sebagai tempat belajar, kini TK Pradnya Kumara, di Banjar Payungan, Desa Selat, Kecamatan Dawan, Klungkung, segera menempati gedung baru.

Gedung TK dengan 2 ruang kelas, 1 ruang guru, dan 1 toilet itu dibangun di sebuah lahan milik Desa Adat Payungan Paseluas 3,5 are. Pembangunan gedung TK Pradnya Kumara Banjar Payungan itu ditandai peletakkan batu pertama oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, didampingi Manager Program Yayasan Bali Children's Project, Ni Putu Ayu Trisna Sari, Buda Kliwon Matal, Rabu (19/1). Yayasan yang berlokasi di Kecamatan Ubud, Gianyar ini turut mendukung pembangunan TK tersebut.

Kepala Sekolah TK Pradnya Kumara, Luh Putu Ratna Dewi, mengatakan TK Pradnya Kumara sudah berdiri sejak 2009 lalu, karena tidak memiliki gedung maka proses belajar - mengajar meminjam tempat di Balai Banjar Payungan. "Kita lakukan sekat - sekat untuk ruang belajar di balai banjar," ujar Ratna Dewi.

Masalahnya, karena memakai balai banjar pembelajaran pun tidak bisa maksimal terutama saat ada upacara adat. Karena balai Banjar Payungan itu digunakan oleh krama. "Ketika balai banjar digunakan untuk acara adat, anak - anak kami kasi untuk untuk mengerjakan di rumah," kata Ratna Dewi, didampingi Bendesa Adat Payungan, I Ketut Teresna.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, mengatakan keberhasilan pembangunan itu kolaborasi pemerintah, swasta, dan masyarakat. Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada Yayasan Bali Children's Project yang turut serta berpartisipasi membangun generasi bangsa, melalui bantuan bangunan TK/Paud ini. "Hal ini sejalan dengan program Inovasi Satu Desa Satu TK/Paud Negeri, bantuan ini juga sangat membantu percepatan itu agar anak anak kita sampai ke pelosok bisa menikmati pendidikan TK/Paud," ujar Bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nus Penida ini.

Kata Bupati Suwirta, kalau semua desa nantinya sudah punya TK negeri, karena Desa Selat ini cukup luas maka TK Pradnya Kumara di Banjar Payungan ini bisa dinegerikan juga. "Semoga kolaborasi dan kerjasama ini dapat terus berlanjut," ujar Bupati Suwirta, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Klungkung, I Ketut Sujana.

Manager Program Yayasan Bali Children's Project Ni Putu Ayu Trisna Sari mengatakan selain membantu pembangunan gedung TK Pradnya Kumara dengan segala kelengkapan belajar mengajarnya, Yayasan Bali Children Projects juga telah membantu rehab sebanyak 8 gedung TK di Kabupaten Klungkung. Di antaranya TK Giri Putri I Desa Tihingan, TK Widya Bhuwana Sari Dusun Anjingan, TK Kuncup Mekar Desa Pikat, TK Pusat PAUD Giri Kumara Desa Paksebali, TK Kumara Santi Desa Negari, TK Kumara Wibawa Desa Tegak, TK Widya Kumara Desa Selat, TK Guna Bhakti Desa Sampalan dan TK Pradnya Kumara Dusun Payungan. *wan

Komentar