nusabali

Gunakan Dana Operasional, Bupati Suwirta Bantu Perbaikan Palinggih KK Miskin

  • www.nusabali.com-gunakan-dana-operasional-bupati-suwirta-bantu-perbaikan-palinggih-kk-miskin

SEMARAPURA, NusaBali
Sejak tahun 2016 keliling bedah desa dan evaluasi total KK miskin di Klungkung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengambil langkah cepat untuk membantu warga yang tidak memungkinkan dibantu dengan program yang ada.

Bupati Suwirta menggunakan dana operasional, bahkan gajinya untuk membantu masyarakat. Antara lain, ketika melihat warga KK miskin di Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan dan Desa Selat, Kecamatan Klungkung, Rabu (19/1). Bupati melihat sanggah warga itu sudah hampir roboh. Bupati langsung keluarkan uang dari dompet dan langsung menugaskan perbekel dan bendesa untuk membelikan palinggih sanggah.

"Walau bantuan sanggah ini sederhana, yang penting bisa digunakan sehari-hari untuk berdoa memohon kepada leluhur/Hyang Guru dan Ida Sang Hyang Widi Wasa," ujar Bupati Suwirta.

Begitu pula di Dusun Sengkiding, Desa Aan, Kecamatan Banjarangkan, di rumah ini tinggal Ketut Sulendri, 70, selaku kepala keluarga yang sudah uzur, bersama seorang anak Gede Sukrayasa,30. Warga ini juga menerima bantuan rehab rumah serta pemasangan listrik dan air secara gratis dari dana operasional Bupati Suwirta. Karena tergolong miskin permanen, maka warga itu juga mendapat bantuan sembako secara rutin dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Klungkung.

Kepada I Ketut Kisid,26, yang tergolong KK miskin produktif di Desa Selat, Kecamatan Klungkung, Bupati Suwirta serahkan bantuan alat-alat perbengkelan. Karena selama ini, Ketut Kisid yang membuka usaha bengkel di rumahnya terkendala keterbatasan alat-alat bengkel. Mendapati kondisi tersebut, Bupati Suwirta pun berinisiatif membantu memberikan uang dari dompetnya untuk membeli alat perbengkelan seperti kunci pas, charger accu dan alat solder. "Yang produktif harus kita berdayakan dan kita dukung. Semoga dengan bantuan ini mereka akan lebih semangat bekerja dan lebih bahagia," harap Bupati Suwirta. *wan

Komentar