nusabali

142 Orang Daftar Calon Perbekel

  • www.nusabali.com-142-orang-daftar-calon-perbekel

Pilkel Desa Desa Kertabuana, Kecamatan Sidemen diprediksi seru karena di satu banjar muncul dua calon perbekel.

AMLAPURA, NusaBali

Sebanyak 51 desa di Kabupaten Karangasem akan menggelar pemilihan perbekel (Pilkel) serentak pada 21 Mei mendatang. Buat sementara sebanyak 142 orang sudah mendaftar sebagai bakal calon perbekel. Bakal calon perbekel diperkirakan terus bertambah sebab masih banyak incumbent belum mendaftarkan diri. Pemkab Karangasem mengganggarkan Rp 2,2 miliar untuk pelaksanaan Pilkel serentak di 51 desa.

Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Karangasem, I Gede Kaneka Setiawan, mengatakan jika tiap desa memunculkan dua bakal calon maka akan ada 102 calon perbekel. Kenyataannya sudah sebanyak 142 bakal calon mendaftarkan diri, artinya di beberapa desa muncul lebih dari dua bakal calon perbekel. Bakal calon perbekel diperkirakan akan terus bertambah karena banyak incumbent belum mengurus surat keterangan belum pernah menjabat perbekel selama tiga periode. “Tahapan terus berjalan. Pendaftaran bakal calon mulai Senin (17/1) hingga Kamis (27/1),” jelas Kaneka Setiawan, Rabu (19/1).

Sebanyak tiga bakal calon perbekel mendaftar di Desa Kertabuana, Kecamatan Sidemen. Pendaftaran diterima ketua panitia I Komang Edi Tresna. Tiga bakal calon perbekel masing-masing incumbent I Ketut Alit Yustadi dari Banjar Cegeng, I Gusti Lanang Putu Udata dari Banjar Tohjiwa yang sempat dua periode menjabat perbekel, dan I Nengah Jati Antara dari Banjar Cegeng. Kelian Banjar Cegeng I Ketut Sulendra mengapresiasi munculnya dua bakal calon dari Banjar Cegeng. “Incumbent dan pendatang baru dari Banjar Cegeng, nanti akan terjadi pertarungan sangat menarik di Desa Kertabuana,” ungkap Sulendra.

Begitu juga di Desa Amerta Bhuana, Kecamatan Selat, muncul tiga bakal calon perbekel. Semuanya sebagai pendatang baru sebab I Wayan Suara sudah menjabat selama tiga periode. Dari tiga bakal calon itu, baru dua orang yang mendaftar yakni I Made Ngurah dari Banjar Muntig dan I Wayan Seriasa dari Banjar Sukaluwih. I Wayan Sudana dari Banjar Abiantiying belum daftar. Perbekel Desa Kesimpar, Kecamatan Abang I Gede Intaran mengaku belum mengurus persyaratan sebagai bakal calon. “Masih ada waktu mengurus syarat administrasi,” ungkap Gede Intaran.

Dinas PMD Karangsem mendata 51 desa yang menggelar pilkel serentak tersebar di delapan kecamatan. Masing-masing Kecamatan Karangasem sebanyak 7 desa, Kecamatan Bebandem sebanyak 3 desa, Kecamatan Selat sebanyak 4 Desa, Kecamatan Sidemen sebanyak 9 desa, Kecamatan Rendang sebanyak 1 desa, Kecamatan Abang sebanyak 11 desa, Kecamatan Kubu sebanyak 6 desa, dan Kecamatan Manggis sebanyak 10 desa. *k16

Komentar