nusabali

Pohon Bayur Timpa Dapur Warga

  • www.nusabali.com-pohon-bayur-timpa-dapur-warga

SEMARAPURA, NusaBali
Hujan deras mengguyur Klungkung, Selasa (18/1) pagi, menyebabkan sejumlah musibah pohon tumbang hingga menimpa rumah warga.

Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klungkung, bersama instansi terkait turun ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi pohon tersebut

Pohon tumbang tersebut, di antaranya jenis Bayur menimpa dapur milik I Gusti Ngurah Suwendra di Dusun/Desa Negari, Kecamatan Banjarangkan. Total kerugian sekitar Rp 5 juta. Kejadian ini terjadi pukul 09.00 Wita. ‘’Tidak sampai menimbulkan korban jiwa," ujar Kepala Pelaksana BPBD Klungkung I Putu Widiada.

Petugas BPBD mengevakuasi pohon melibatkan Polri, TNI dan aparat Desa Negari. Pohon itu pun berhasil dibersihkan dari lokasi.

Petugas juga mengevakuasi pohon Kelapa tumbang hingga menutup jalan di Desa Tihingan, Kecamatan Banjarangkan. Lanjut, penanganan pohon Lantoro tumbang hingga menutup akses jalan di Dusun Penasan, Desa Tihingan. "Akses jalan itu sudah bisa dibuka kembali," kata Widiada.

Sementara itu, TRC (Tim Reaksi Cepat) BPBD Kabupaten Gianyar berkali-kali menaikkan sampah dari got. Seperti tampak pada Selasa (18/1) pagi, di Jalan Salya, Kelurahan/Kecamatan Gianyar. Personel BPBD Gianyar mendapatkan banyak pekerjaan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Gianyar, Gusti Ngurah Dibya Prasasta mengatakan, luapan air mengganggu lalu lintas masyarakat umum. "Luapan tersebut diakibatkan tumpukan sampah menyumbat saluran gorong-gorong, sehingga airpun meluber ke jalan," jelasnya.

Atas peristiwa tersebut, pihaknya pun menurunkan TRC untuk membersihkan sampah yang menyumbat yang menutupi aliran air.  "Air meluap ke jalan karena gorong-gorong tersumbat. Upaya yang dilakukan mengerahkan anggota TRC BPBD beserta armada dan perlengkapan untuk melakukan penanganan gorong-gorong tersumbat tersebut," ujarnya. Penanganan dilakukan hingga pukul 12.00 Wita.

Hujan lebat disertai angin kencang juga menyebabkan terjadi sejumlah bencana. Mulai dari pohon tumbang dan  tanah longsor. Penanganan prioritas ini dilakukan pada kawasan-kawasan yang mengganggu aktivitas umum. "Selanjutnya tim menangani tanah longsor di Banjar Kabetan, di Desa Bakbakan, Gianyar," ujarnya.

Tim juga menangani pohon tumbang di Banjar Angkling, Desa Bakbakan, Gianyar. Sebuah pohon perindang pajang 5 meter dengan lebar 20 cm tumbang hingga menutup jalan umum. Tidak ada korban jiwa karena sedang tak ada warga yang melintas sat itu. "Saat ini pohon sudah dievakuasi dan lalu lintas sudah normal kembali," ujarnya.*wan,nvi

Komentar