nusabali

Putri Koster Ajak PKK Galakkan Kegiatan Mendongeng

Untuk Tanamkan Nilai Budi Pekerti Anak Usia Dini

  • www.nusabali.com-putri-koster-ajak-pkk-galakkan-kegiatan-mendongeng

SINGARAJA, NusaBali
Memperkenalkan nilai-nilai budi pekerti kepada anak, khususnya pada usia dini harus melalui penanaman yang kreatif, inovatif dan komunikatif sehingga pendidikan budi pekerti dapat terserap dengan baik oleh anak-anak.

Dalam upaya mewujudkan hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mendongeng. Hal tersebut disampaikan Ketua TP PKK Provinsi Bali, Ny Putri Koster saat menjadi narasumber dalam dialog interaktif di LPP RRI Singaraja, Selasa (18/1).

Dalam kesempatan tersebut, Putri Koster yang akrab disapa Bunda Putri ini menyampaikan beberapa waktu lalu pihaknya mengundang Kak Seto yang merupakan psikolog terbaik Indonesia untuk berdialog dan memberikan ilmu terkait pentingnya mendongeng.

Sebagai Ketua TP PKK yang menyasar para keluarga, maka Putri Koster mengajak seluruh PKK yang ada di kabupaten sampai ke tingkat desa untuk menggalakkan kembali kegiatan mendongeng untuk menanamkan sikap budi pekerti terhadap anak usia dini. Di samping itu, Putri Koster mengatakan di zaman teknologi yang serba canggih seperti saat ini, maka tidak menutup kemungkinan bagi para orangtua untuk tidak mengenalkan gadget kepada anak.

Namun, penggunaan gadget juga harus dibatasi, salah satunya dengan cara memperkenalkan dongeng dan beberapa aktifitas menarik lainnya, sehingga anak tidak kecanduan terhadap gadget. Untuk itu, Putri Koster berharap ketrampilan mendongeng wajib dimiliki oleh para orangtua karena dengan mendongeng akan memberikan berbagai dampak positif pada perkembangan anak. “Mendongenglah karena dapat merangsang perkembangan anak, menjalankan komunikasi antara orangtua dan anak, merangsang perkembangan bahasa dan penanaman nilai-nilai baik," kata Putri Koster. nat

Komentar