nusabali

Bupati Suwirta Minta Prajuru Ajukan Proposal

Pascaterbakar Palinggih Gedong Saren Pura Dalem Akah

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-minta-prajuru-ajukan-proposal

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meninjau kondisi Palinggih Gedong Saren (Pesaren) Pura Dalem, Desa Adat Akah, Kecamatan Klungkung, Senin (17/1) pagi, pascaterbakar akibat tersambar petir, Minggu (16/1) petang.

Bupati minta prajuru adat setempat untuk mengajukan proposal permonan dana bantuan untuik perbaikan palinggih itu.

Bencana itu menelan kerugian sekitar Rp 500 juta. Kedatangan bupati asal Dusun Ceningan, Desa Lembongan, Kecamatan Nusa Penida ini, disambut oleh prajuru Desa Adat Akah. Bupati Suwirta meminta agar Desa Adat Akah segera dapat memperbaiki Palinggih Gedong Saren tersebut. "Proposal bansos untuk perbaikan palinggih ini agar dikoordinasikan dengan BPBD Klungkung," ujar Bupati Suwirta.

Bupati Suwirta juga menyarankan prajuru untuk memohon petunjuk kepada sulinggih mengenai kondisi bagian bawah bangunan yang masih berdiri kokoh. Karena perlu dipastikan apakah palinggih yang terisa masih bisa dimanfaatkan atau harus direnovasi keseluruhan.

Sementara itu, untuk membantu membersihkan sisa material ijuk dan kayu pascaterbakar, Bupati Suwirta menugaskan petugas pemadam kebakaran (Damkar) untuk penyemprotan di bagian bawah.

Pamangku Pura Dalem Akah Jro Mangku Nyoman Sudiarta menyampaikan bahwa kejadian tersebut terjadi kurang lebih pada pukul 18.30 Wita. Kerugian ditafsir sekitar Rp 500 Juta. "Sore ini, prajuru adat maupun desa dinas, serta krama akan melakukan persembahyangan menghaturkan guru piduka dan mecaru," ujar Jro Mangku Sudiarta, di hadapan Bupati Suwirta.

Pura Dalem yang terbakar itu sendiri diempon oleh 1.300 kepala keluarga (KK) krama Desa Adat Akah. Krama ini tinggal tersebar di eam banjar adat, yakni Banjar Sangging, Bunganya, Tengah, Pekandelan, Gede, dan Gingsir. Karya Pujawali di Pura Dalem Akah dilaksanakan enam bulan sekali (210 hari sistem penanggalan Bali) pada Buda Kliwon Pahang.

Usai meninjau Pura Dalem Akah, Bupati Suwirta langsung meninjau dua lokasi bencana pohon tumbang di Kecamatan Dawan, Klungkung. Ua lokasi itu, pohon kelapa tumbang yang menimpa gudang Ketut Sutama di Dusun Cempaka, Desa Pikat, dan rumah I Ketut Mustika di Dusun Babung, Desa Gunaksa. Bupati juga menyerahkan bantuan sembako dari Perumda Air Minum Panca Mahottama  Klungkung, untuk warga Sutama dan Mustika.*wan

Komentar