nusabali

Tambah Daya Tampung, Pasar Seni Kuta Akan Direnovasi

  • www.nusabali.com-tambah-daya-tampung-pasar-seni-kuta-akan-direnovasi

MANGUPURA, NusaBali
Penataan Pantai Kuta dijadwalkan pada April 2022. Sejumlah persiapan dilakukan oleh Desa Adat Kuta, selaku pengelola objek wisata tersebut.

Rencananya Pasar Seni Kuta juga akan direnovasi, hal ini semata untuk mempercantik kondisi pasar serta menambah daya tampung.

Pembenahan terhadap Pasar Seni Kuta merupakan bagian dari penataan pantai. Nanti bangunannya akan dibuat tiga lantai, dengan tempat parkir pada lantai atas.

Bendesa Adat Kuta I Wayan Wasista, mengatakan selain objek wisata Pantai Kuta, salah satu yang dilakukan pembenahan adalah Pasar Seni Kuta. Dengan pembenahan itu pula, daya tampung Pasar Seni Kuta akan mengalami penambahan. “Jadi, penataan Pantai Kuta termasuk dengan pasarnya juga,” kata Wasista, Senin (17/1).

Menurut Wasista, dengan adanya renovasi Pasar Seni Kuta, nantinya akan ada penambahan jumlah pedagang. Sebelumnya, Pasar Seni Kuta hanya menampung 204 pedagang saja, tapi setelah direnovasi diproyeksikan akan menampung sebanyak 224 pedagang. Dengan adanya penambahan tersebut, maka ada tambahan peluang bagi masyarakat untuk berjualan di Pasar Seni Kuta.

“Kouta pedagang yang bertambah ini tentunya untuk masyarakat di Kuta juga. Dengan demikian roda perekonomian kembali tumbuh,” tegas Wasista.

Wasista mengaku penataan Pantai Kuta sekaligus Pasar Seni Kuta akan dimulai pada Maret 2022, sehingga area-area yang dapat dikunjungi dalam masa pengerjaan proyek akan disesuaikan kemudian. “Maret ini tender sudah harus selesai, sehingga pengerjaan bisa dimulai pada awal April 2022. Ya, harapannya ketika nanti pantai sudah tertata dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Pantai Kuta,” harap Wasista.

Selain itu, Wasista mengaku juga sudah mengetahui rencana pembangunan jalur trem atau kereta yang memiliki rel khusus. “Ini sudah disosialisasikan. Namun, kami tidak menanyakan lebih detail karena perlu kajian lebih matang lagi. Kami harapkan agar dilakukan sosialisasi lagi khusus rencana pembangunan jalur trem,” tandasnya. *dar

Komentar