nusabali

Ditjen Diktiristek Raih Dua Penghargaan MURI

  • www.nusabali.com-ditjen-diktiristek-raih-dua-penghargaan-muri

JAKARTA, NusaBali
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) meraih dua penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) di bidang pendidikan dan teknologi.

Kedua penghargaan itu diserahkan langsung kepada Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam, oleh Senior Manager MURI Awan Rahargo.

Dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (15/1), disebutkan Ditjen Diktiristek meraih rekor atas unit Kementerian dengan fasilitas komputer kapasitas komputasi terbesar. Rekor itu diraih atas Layanan terbaru Ditjen Diktiristek, yaitu AI Centre. AI Center merupakan fasilitas server komputasi berkemampuan tinggi untuk pengembangan Artificial Intelligence.

“Fasilitas super komputer Dikti AI Center ini bertujuan untuk menciptakan talenta AI nasional melalui berbagai kegiatan pelatihan maupun pendidikan yang bekerjasama dengan industri dalam kaitannya dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka,” ujar Plt Dirjen Diktiristek Kemendikbudristek, Prof Nizam.

Fasilitas itu juga digunakan oleh perguruan tinggi dan mitra untuk menghasilkan inovasi-inovasi di bidang Artificial Intelligence yang dapat menjawab kebutuhan industri dan lembaga pemerintah. Super komputer hadir untuk mahasiswa dan dosen di dalam melakukan penelitian di bidang-bidang artificial intelligence.

Selain di bidang pendidikan, Ditjen Diktiristek juga meraih rekor atas kolaborasi pembelajaran dengan satuan pendidikan dasar dengan mahasiswa terbanyak. Penghargaan ini diraih berdasarkan jumlah mahasiswa yang mengikuti program Kampus Mengajar. Program ini melibatkan mahasiswa untuk mengajar di berbagai sekolah dasar (SD) di seluruh wilayah Indonesia.

Atas kedua capaian itu, Nizam berharap dapat memacu Ditjen Diktiristek untuk terus melakukan inovasi dan terobosan lainnya untuk memajukan pendidikan tinggi Indonesia. "Terima kasih kepada MURI yang telah memberikan penghargaan ini. Semoga capaian yang baik ini dapat memacu semangat kami untuk terus berkarya dan berprestasi, mewujudkan Kampus Merdeka demi Indonesia jaya," pungkasnya. *

Komentar