nusabali

Antisipasi Banjir, Endapan Drainase Dikeruk

  • www.nusabali.com-antisipasi-banjir-endapan-drainase-dikeruk

BANGLI, NusaBali
Saluran drainase di Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli dibongkar. Pembongkaran untuk memudahkan mengeruk endapan pada drainase. Saluran drainase yang tersumbat memicu banjir.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPR Perkim) Bangli, I Wayan Lega Suprapto, mengatakan akibat pendangkalan drainase, air meluap ke jalan.

Saat hujan lebat, ruas jalan di kota Bangli langganan banjir terutama di ruas Jalan Nusantara, Jalan Kusumayuda, Desa Tamanbali, Jalan Merdeka, dan Jalan Cendrawasih. Banjir di Desa Tamanbali dengan ketinggian air sekitar 40 cm. Meluapnya air selain membahayakan pengguna jalan, juga mempercepat kerusakan badan jalan. Lega Suprapto mengatakan saat hujan badan jalan sering tergenang air. Saluran darinase tidak berfungsi secara optimal sehingga terjadi pendangkalan hingga air meluap ke jalan,” beber Lega Suprapto, Minggu (16/1).

Menurut Kabid asal Kintamani ini, pengerukan telah dikerjakan. Pengerukan dilakukan Dinas PUPR Perkim Bangli menyasar jalur kabupaten. “Untuk drainase di ruas jalan provinsi jadi tanggung jawab provinsi,” jelas Lega Suprapto. Diakui, petugas dari provinsi telah melakukan pengerukan drainase di seputaran Jalan Nusantara, Jalan Kusumayuda, Jalan Merdeka, dan jalur Tembuku. Di kabupaten telah melakukan pengerukan di seputaran Jalan Majapahit dan Cendrawasih serta pembersihan sodetan.

Pengerukan saluran drainase merupakan langkah sementara cegah banjir. Pencegahan secara permanen, provinsi telah turunkan tim perencanaan drainase. “Kami di kabupaten juga sedang merencanakan pencegahan banjir di kota Bangli,” jelas Lega Suprapto. *esa

Komentar