nusabali

Patung Kala-kali di Depan Pura Manik Toya Dirusak Warga

  • www.nusabali.com-patung-kala-kali-di-depan-pura-manik-toya-dirusak-warga

TABANAN, NusaBali
Patung Kala-kali di depan Pura Manik Toya, Banjar Umadiwang, Desa Batanyuh, Kecamatan Marga, Tabanan,  dirusak.

Pengrusakan diduga dilakukan tanpa sengaja oleh warga setempat yang sedang mabuk. Kini permasalahan tersebut tengah dibahas di internal Desa Adat Umadiwang.

Patung Kala-kali diketahui rusak, Kamis (13/1) malam. Patung dirusak pada bagian kepala dan wajah, namun tak sampai menimbulkan kerugian besar.

Bendesa Adat Umadiwang I Nyoman Sudiasa membenarkan kejadian tersebut. Hanya saja masalah ini akan diselesaikan secara internal di desa adat. "Benar, hanya saja pengrusakan ini dilakukan tanpa sengaja. Yang merusak memang warga kami," katanya, Minggu (16/1).

Dia menegaskan pengrusakan patung ini dilakukan tanpa sengaja. Karena pelaku dalam kondisi tidak baik yang diduga mabuk. "Jadi, pengrusakan ini tidak ada unsur suka atau tidak suka terhadap benda di purta. Ini murni karena tidak sengaja," kata Nyoman Sudiasa.

Meskipun kerusakan kecil, jelasnya, desa adat akan memberikan pembinaan terhadap krama yang merusak. Sebab tindakannya jelas tidak benar. "Kami sedang menunggu rapat banjar. Keputusan apa nanti yang akan dilakukan walapun kerusakan kecil. Tapi benbda yang dirusak ini di wilayah pura, warga kami memang. Mudah-mudahan ke depan tidak ada seperti ini lagi," tandasnya. *des

Komentar