nusabali

Kader Banteng Sapu Bersih Pilkel

Pemenang 13 Pilkel di Gianyar Tercatat Kader hingga Simpatisan PDIP

  • www.nusabali.com-kader-banteng-sapu-bersih-pilkel

Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar membenarkan kader dan simpatisan PDIP sapu bersih hasil pilkel serentak.

GIANYAR, NusaBali

Pemungutan suara Pemilihan Perbekel (Pilkel) serentak di 13 desa se Kabupaten Gianyar berlangsung, Minggu (16/1). Berdasarkan hasil quick count (hitung cepat) pada link https://pilkel.gianyarkab.go.id/ terungkap para pemenang Pilkel tercatat sebagai kader dan simpatisan Banteng (PDIP). Bisa dibilang Pilkel serentak di 13 desa ini disapu bersih oleh para kader PDIP.

Dari data yang dihimpun, Dewa Gede Dwi Putra (ketua ranting PDIP) menang telak di Desa Sukawati, Kecamatan Sukawati dengan perolehan 7.377 (96%) dan saingannya I Dewa Ketut Oka yang hanya memperoleh 307 suara (4%).

Selanjutnya di Desa Lebih, Kecamatan Gianyar I Wayan Agus Muliana SAP (ketua ranting PDIP) menang tipis dengan perolehan 2.521 suara (50,5%) dari Anak Agung Gede Tilem Antara yang memperoleh 2.469 suara (49,5%).

Di Desa Temesi, Kecamatan Gianyar dimenangkan I Ketut Branayoga SE (kader PDIP) dengan perolehan 967 suara (37,9%). Unggul dari 3 kandidat lain, yakni I Putu Dimas Aditya Diputra, 675 suara (26,5%); I Nyoman Gede Separta Putra 192 (7,5%) dan I Wayan Sukastra 716 suara (28,1%). Dewa Made Astawa (simpatisan PDIP) menang di Desa Pejeng Kelod, Kecamatan Tampaksiring dengan perolehan 838 suara (40,3%). Dewa Made Astawa unggul jauh dari tiga kandidat lainnya, I Made Suardana 415 suara (20%), Ngakan Putu Wiadnyana 579 suara (27,9%) dan I Wayan Tantra 245 Suara (11,8%).

Lalu I Wayan Sukarsa (kader PDIP) menang di Desa Pejeng melalui Pemilihan Antar Waktu (PAW). Wayan Sukarsa memperoleh 48 suara (66,7%). Unggul dari I Kadek Widyantara 17 suara (23,6%) dan Ida Bagus Gde Suryawan 7 Suara (9,7%). Anak Agung Gede Semara Jaya (simpatisan PDIP) menang di Desa Pejeng Kawan, Kecamatan Tampaksiring dengan perolehan 980 suara (36,5%). Unggul dari Anak Agung Gede Oka 347 suara (12,9%), Ngakan Made Astawa 647 (24,1%), Anak Agung Gede Rai Yadnya 708 (26,4).

Dewa Nyoman Putra (ketua ranting) menang di Desa Pejeng Kangin, Kecamatan Tampaksiring dengan perolehan 1.037 suara (45%). Dewa Nyoman Putra unggul hanya 34 suara dari incumben I Gede Purnadi Yoga yang memperoleh 1.003 suara (43,6%). Kandidat lainnya I Kadek Darmaja hanya memperoleh 263 suara (11,4%).

Kompyang Ambarayusa (kader) menang di Desa Sanding, Kecamatan Tampaksiring dengan perolehan 1.100 suara (63,4%). Unggul jauh dari I Dewa Gede Agung Wisnawa dengan 636 (36,6%). Selanjutnya ada I Wayan Ardika (ketua PAC) menang di Desa Kelusa, Kecamatan Payangan dengan perolehan 1.316 suara (43%) dari I Dewa Putu Suantara 1.193 suara (38,9%) dan I Made Suardiana 554 suara (18,1%).

I Komang Diptayana (ketua ranting) menang di Desa Melinggih melalui Pemilihan Antar Waktu (PAW) dengan perolehan 50 suara (59,5%) dari Anak Agung Gde Puspatemaja yang memperoleh 34 suara (40,5%). I Ketut Putra Yasa (simpatisan) menang di Desa Tegal Tugu, Kecamatan Gianyar dengan perolehan 1.006 suara; I Ketut Sumarda (ketua ranting) menang di Desa Buruan, Kecamatan Blahbatuh dengan perolehan 2.173 suara; terakhir Anak Agung Gde Mayun Purnama (pengurus PAC) menang di Desa Petak, Kecamatan Gianyar menang 995 suara.

Terkait keberhasilannya menumbangkan incumbent, pemenang Pilkel Pejeng Kangin I Dewa Nyoman Putra mengatakan ini berkat gotong-royong tim. "Semua tim relawan gotong-royong atas hasil ini," jelasnya saat dikonfirmasi, Minggu kemarin. Dewa Nyoman Putra berterimakasih pada kerja tim dan masyarakat Desa Pejeng Kangin. "Kalau bukan kerja tim, tidak mungkin dapat hasil seperti ini. Tiyang tidak mungkin bekerja sendiri. Tim sangat solid. Dari fraksi banyak mensupport. Astungkara sistem gotong royong di partai luar biasa," terangnya.

Pasca terpilih dan akan dilantik awal Februari nanti, Dewa Nyoman Putra mengatakan pertama akan melakukan konsolidasi dengan perangkat desa. "Saya akan konsolidasi bersama perangkat desa. Kepada masyarakat saya ucapkan terimakasih, tidak ada menang kalah di sini. Mari kerjasama demi Pejeng Kangin kedepan agar lebih baik," ujarnya.

Bupati Gianyar Made Agus Mahayastra yang juga Ketua DPC PDIP Gianyar membenarkan semua kader dan simpatisan PDIP sapu bersih hasil pilkel serentak. "Ya betul (menang) di semua desa yang melakukan Pilkel," jelasnya ketika dikonfirmasi.

Saat pemungutan suara, Bupati Gianyar I Made ‘Agus’ Mahayastra bersama Wakil Bupati Anak Agung Gde Mayun, Sekda I Made Gede Wisnu Wijaya, Kapolres Gianyar I Made Bayu Sutha, Komandan Yonzipur 18/YKR Mayor CZI Adi Damai Setiawan beserta Forkopimda meninjau pelaksanaan pemilihan perbekel (Pilkel) serentak di sejumlah desa.

“Setelah berkeliling ke beberapa desa semua dalam keadaan kondusif. Rata-rata calon yang saya temui siap menerima hasilnya, itu adalah hasil pemilihan demokrasi, tinggal mereka bahu membahu untuk membangun,” kata Bupati Mahayastra.

Kapolres Gianyar AKBP I Made Bayu Sutha mengatakan mengenai pengamanan, dirinya sudah melakukan pengamanan super ketat di seluruh desa yang melakukan pemilihan perbekel. “Kita laksanakan pengamanan terhadap seluruh desa, semuanya kita wajibkan melakukan pengamanan super ketat,” ujar Bayu Sutha. *nvi

Komentar