nusabali

Tabanan Siapkan 6 Sekaa Jadi Duta PKB 2022

  • www.nusabali.com-tabanan-siapkan-6-sekaa-jadi-duta-pkb-2022

TABANAN, NusaBali
Pemkab Tabanan kini sedang bersiap untuk menyambut Pesta Kesenian Bali (PKB) Tahun 2022 di Taman Budaya Denpasar. Sebagai awal, Dinas Kebudayaan Tabanan telah melaksanakan rapat persiapan, terutama terkait  penunjukan sekaa atau sanggar yang akan tampil.

Untuk sementara, sedikitnya ada enam sekaa atau sanggar yang dipastikan tampil pada PKB nanti. Kepala Dinas Kebudayaan Tabanan I Wayan Sugatra mengatakan, sejauh ini teknis pelaksanaan PKB belum ada. Sebab Tabanan masih menunggu rapat final terkait koordinasi pelaksanaan PKB dengan Dinas Kebudayaan Bali. Sebagai sebagai persiapan, pihaknya telah rapat bersama dengan sekaa yang akan menjadi duta Tabanan dalam PKB. "Rapat teknis belum ada dari Provinsi Bali, namun kami siap-siap dulu. Begitu ada petunjuk dari Provinsi Bali, kami sudah siap," katanya, Kamis (13/1).

Dalam rapat persiapan ini, Tabanan sudah menunjuk enam sekaa. Enam sekaa ini yakni Sekaa Gong Kebyar Anak-anak Sanggar Hari Dwipa Gambelan Group, Desa Delod Peken, Kecamatana Tabanan. Sekaa Gong Kebyar Dewasa dari Sanggar Seni Gurnita Kusuma, Desa Tangguntiti, Kecamatan Selemadeg Timur.  Sekaa Baleganjur Dhananjaya dari Desa Pujungan, Kecamatan Pupuan. Sekaa Taman Penasar Madu Lingga dari Kecamatan Kediri. Gender Wayang Sanggar Leklok, Desa Dajan Peken, Kecamatan Tabanan, dan kelompok peragaan busana oleh ibu-ibu PKK Tabanan. Seluruh sekaa yang ditunjuk sudah siap untuk tampil sebagai duta Tabanan. "Namun mengenai teknisnya kami masih menunggu petunjuk Provinsi Bali," tegas Sugatra.

Dijelaskan, selain sudah menunjuk sekaa, anggaran PKB juga sudah dianggarkan Pemkab Tabanan, bahkan sudah masuk DPA (Dokumen Pelaksanaan Anggaran) tahun 2022. Namun Sugatra belum siap menyebut jumlah anggaran itu. "Mengenai jumlah saya tidak hafal, namun sudah dianggarkan dan sudah masuk DPA," jelas mantan Kadis BKPSDM Tabanan ini.

Dia berharap pada pagelaran PKB tahun 2022, Tabanan bisa tampil maksimal. Seluruh duta yang akan mewakili bisa memberikan penampilan yang terbaik. "Kami akan awali dengan pembinaan terhadap sekaa yang tampil," jelas pejabat asal Kecamatan Baturiti, Tabanan ini

Sugatra mengaku belum tahu jumlah seniman yang terlibat sebagai duta Tabanan. Sebab hal tersebut belum dipastikan di masing-masing sekaa. "Yang membawa seniman itu dari sekaa, kan belum ada proses latihan," jelasnya.*des

Komentar