nusabali

Pendam Udayana Dituntut Adaptif dan Profesional

HUT Penerangan TNI AD ke-71

  • www.nusabali.com-pendam-udayana-dituntut-adaptif-dan-profesional

DENPASAR, NusaBali
Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Tatang Subarna meminta jajaran penerangan untuk adaptif dan profesional dalam menjalankan tugas.

Hal ini sejalan dengan tema HUT Penerangan TNI AD ke-71 tahun 2022, Kamis (13/1).  Organisasi penerangan sangat diperlukan eksistensinya terutama di lingkungan TNI AD. Seiring berjalannya waktu, penerangan memiliki peran yang strategis dan bahkan bisa dikatakan sebagai bagian dari alutsista dalam mewujudkan tugas pokok TNI AD.

"Untuk mendukung peran strategis itu saya mengimbau kepada insan penerangan agar terus berkarya. Menggali potensi sendiri sehingga dapat menggelorakan semangat untuk berinovasi," tegas Kadispenad dalam sambutannya yang dibacakan Kapendam IX/Udayana Letkol Kav Antonius Totok Y P di sela acara syukuran HUT Penerangan kemarin siang di Makodam IX/Udayana.

Pada era digital saat ini penerangan TNI AD harus mampu menjadi organisasi yang adaptif dan profesional. Adaptif bermakna terus menyesuaikan dengan kebutuhan organisasi dan kebijakan pimpinan serta mampu memanfaatkan berbagai kemajuan teknologi informasi terkini.

Profesionalitas bermakna kuasai dengan baik tugas yang dijalankan. Sebab, baik atau buruknya citra TNI AD sangat dipengaruhi oleh kemampuan satuan penerangan dalam menjalankan tugas memberikan informasi kepada internal maupun kepada publik.

"Kita menyadari bahwa arus informasi yang ada di masyarakat tak selamanya sesuai fakta. Diharapkan satuan penerangan dapat menjadi sumber informasi yang valid sekaligus berperan penting dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa," tekad Kadispenad.

Memeriahkan HUT Penerangan ke-71 rombongan Pendam IX/Udayana ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta, Banjar Taman Sari, Desa Delod Peken, Kecamatan/Kabupaten Tabanan. Rombongan menggunakan bus itu dipimpin langsung Kapendam Letkol Kav Antonius Totok.

Letkol Kav Antonius Totok mengatakan tema HUT penerangan tahun ini  merupakan tantangan yang tidak bisa dijawab dengan mudah. Menurutnya menjadi adaptif saja susah apalagi menjadi profesional. Pendam IX/Udayana yang merupakan badan pelaksana di tingkat Kodam mewudkannya ke dalam sesuai arahan pimpinan dan keluar untuk mewujudkan informasi yang nyata sebagai pertanggungjawaban TNI AD untuk menjaga kedaulatan bangsa dan negara.

Teritorial Kodam IX/Udayana sendiri meliputi Provinsi Bali, NTB, dan NTT. Kodam IX/Udayana memperkuat fungsi Penrem dalam mewujudkan informasi yang baik ke dalam maupun ke luar. "Teritorial Kodam IX/Udayana meliputi Bali, NTB, dan NTT. Walaupun jalur komando antara Kapendam dan Kapenrem tidak ada hubungannya namun pendam berfungsi sebagai supervisi. Mampu memberikan arahan kepada Penrem," tandasnya. *pol

Komentar