nusabali

Tawur Agung Kesanga Dipusatkan di Carangsari

  • www.nusabali.com-tawur-agung-kesanga-dipusatkan-di-carangsari

MANGUPURA, NusaBali
Pelaksanaan Tawur Agung Kesanga Tahun Baru Saka 1944 akan dipusatkan di Catus Pata, Desa Adat Carangsari, Kecamatan Petang.

Hal ini terungkap dalam rapat koordinasi pelaksanaan Tawur Agung Kesanga yang dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Kamis (13/1).

Rapat koordinasi turut dihadiri stakeholder terkait, yakni Majelis Madya, Majelis Alit, PHDI, para OPD, camat, bendesa se-Badung, beserta Forkopimda.

“Tawur Agung Kesanga sudah diputuskan. Untuk Kabupaten Badung tahun 2022 akan dilaksanakan di Catus Pata Desa Adat Carangsari,” ujar Adi Arnawa kemarin.

Menurut Adi Arnawa, upacara Tawur Agung Kesanga dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Badung bersama PHDI dan Majelis Desa Adat Kabupaten Badung, pada hari Buda Paing Wayang, 2 Maret 2022, pukul 12.00 Wita. Bagi desa adat yang wilayahnya berada di ibukota kecamatan, yakni Desa Adat Petang, Desa Adat Blahkiuh, Desa Adat Mengwi, Desa Adat Kerobokan, Desa Adat Kuta, Desa Adat Jimbaran, pelaksanaanya memakai upacara Caru Panca Sanak, yaitu dengan lima ekor ayam (Panca Sata) ditambah itik belang kalung beserta kelengkapannya atau sesuai dengan kemampuan (manut dresta), yang dilaksanakan pada 2 Maret 2022, pukul 16.00 Wita, dengan lokasi di Catus Pata Kecamatan setempat.

Mengingat masih dalam suasana pandemi, Adi Arnawa mengingatkan agar pelaksanaan Tawur Agung Kesanga tetap mengikuti protokol kesehatan (prokes) yang ketat. “Dalam situasi pademi Covid-19, kami imbau dalam pelaksanaan Tawur Agung Kesanga ini agar benar-benar mengedepankan prokes,” imbau birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan itu.

Sementara itu, rangkaian pelaksanaan Upacara Melasti, Pecaruan/Tawur Tilem Sasih Kesanga dan Nyepi (Sipeng) agar dilaksanakan dengan prokes yang ketat, di samping tetap memperhatikan status PPKM Level 2. Diimbau pula pelaksanaannya dilakukan masih dalam lingkungan wilayah desa adat setempat. *ind

Komentar