nusabali

Dispustaka Rancang Pembinaan Perpustakaan Sekolah

  • www.nusabali.com-dispustaka-rancang-pembinaan-perpustakaan-sekolah

AMLAPURA, NusaBali
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispustaka) Karangasem merancang pembinaan perpustakaan sekolah. Saat PTM penuh, perpustakaan sekolah dibuka untuk siswa.

Kadispustaka Karangasem, I Wayan Putu Laba Erawan, mengatakan pembinaan perpustakaan sekolah menyasar 359 SD dan 46 SMP. Pembinaan nanti menyangkut standar nasional perpustakaan (SNP). Setiap perpustakaan wajib ada administrasi perpustakaan.

Laba Erawan mengatakan, administrasi perpustakaan meliputi buku pustaka, buku kunjungan harian, buku kunjungan kelas perpustakaan, rekapitulasi peminjaman buku, daftar buku teks, buku inventaris perpustakaan, kartu buku, pesanan buku, dan lainnya. Perpustakaan juga perlu lulus akreditasi sebagai pengakuan formal dari pemerintah. Ada enam komponen wajib terpenuhi untuk perpustakaan ideal yakni memiliki koleksi, sarana dan prasarana, pelayanan perpustakaan, tenaga perpustakaan, penyelenggaraan, dan penguatan.

Laba Erawan mengingatkan, manfaat perpustakaan untuk penelitian, pendidikan, rekreasi, informasi, tempat diskusi, dan lainnya. Dari 359 SD di Karangasem, sementara baru 219 SD punya perpustakaan. “Kami bantu dengan perpustakaan keliling,” jelas Laba Erawan. Terpisah, Kasek SD Negeri 6 Karangasem, AA Alit Ratnadi mengaku perpustakaan di sekolahnya belum efektif. Sebab jam istirahat singkat hanya 20 menit. “Kalau perlu dengan perpustakaan, kami ajak siswa ke perpustakaan,” jelas Alit Ratnadi. *k16

Komentar