nusabali

Hari Ini, Pencanangan Vaksinasi Booster di Badung

  • www.nusabali.com-hari-ini-pencanangan-vaksinasi-booster-di-badung

MANGUPURA, NusaBali
Pemerintah Kabupaten Badung memulai pencanangan vaksinasi booster, Kamis (13/1) hari ini di RSD Mangusada, Kelurahan Kapal, Kecamatan Mengwi.

Untuk tahap awal, vaksinasi dosis ketiga ini rencananya akan menyasar para warga lanjut usia (lansia).
 “Untuk Kabupaten Badung, mulai besok (hari ini) pencanangannya di RSD Mangusada,” ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Badung I Gusti Ngurah Gede Jaya Saputra, saat dikonfirmasi, Rabu (12/1).

Menurut Jaya Saputra yang juga Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Badung, vaksinasi booster sendiri sampai saat ini masih menjadi pembahasan. Bahkan, akan ada pembahasan lanjutan. Namuj, sembari menunggu hasil pembahasan, pelaksanaan vaksinasi booster buat sementara akan dipusatkan di RSD Mangusada. Sedangkan untuk pelayanan kesehatan yang lain seperti puskesmas masih melanjutkan vaksinasi dosis kedua untuk anak usia 6-11 tahun.

“Jadi akan dibahas lagi (pelaksanaan vaksinasi booster, Red), yang pasti akan menyasar lansia dulu untuk tahap pertama. Sedangkan data lainnya, seperti jumlah sasaran dan berapa dosis belum bisa kami sampaikan, karena hari ini baru mau dibahas. Saya belum tahu detailnya,” kata Mantan Camat Mengwi itu.

Adapun sasaran vaksinasi booster, yakni para lansia di Gumi Keris termasuk masyarakat yang rentan. “Secara data, per 11 Januari 2022 vaksin dosis kedua untuk lansia sudah mencapai 71,3 persen. Dari 49.003 sasaran sudah tervaksinasi sebanyak 34.923 orang,” jelas Jaya Saputra.

Sedangkan secara keseluruhan, baik dari tenaga kesehatan, petugas publik, lansia, masyarakat umum, dan anak-anak yang menerima vaksin dosis kedua di Badung sudah mencapai 90,4 persen. Dari sasaran 480.371 orang, sudah tervaksinasi sebanyak 434.162 orang.

“Untuk vaksinasi anak tahap pertama sudah mencapai 107,3 persen atau sebanyak 48.477 orang, dari jumlah sasaran sebanyak 45.183 orang,” tandas Jaya Saputra. *ind

Komentar