nusabali

Satgas Periksa Kapal Asal Madura

Dua Orang Penumpang Dites Rapid di Tempat

  • www.nusabali.com-satgas-periksa-kapal-asal-madura

SINGARAJA, NusaBali
Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng kembali memeriksa kedatangan kapal penumpang.

Kali ini, Kapal Motor (KM) Sabuk Nusantara 51 dari Pulau Sapeken, Kabupaten Bangkalan, Madura yang bersandar di Pelabuhan Celukan Bawang, Desa Celukan Bawang, Kecamatan Gerokgak, Buleleng, pada Selasa (11/1) pagi diperiksa.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Ketut Suwarmawan  mengatakan, kapal penumpang KM Sabuk Nusantara 51 dengan jumlah ABK 18 orang, penumpang 21 orang, dan penumpang lanjutan 3 orang berlabuh di Celukan Bawang. Pemeriksaan ini sebagai antisipasi penularan Covid-19 serta varian Omicron di wilayah pintu masuk jalur laut.

Dari hasil pemeriksaan, 16 orang sudah membawa surat negatif hasil tes rapid, namun 2 orang diantaranya tidak membawa surat keterangan hasil tes rapid. Sehingga 2 orang tersebut langsung dilakukan tes rapid di tempat. "Dari hasil test rapid langsung di tempat, hasilnya dinyatakan negatif," ujar Suwarmawan.

Sementara itu, Camat Gerokgak Made Juartawan mengatakan, melalui Satpol PP Kecamatan Gerokgak bersinergi dengan Polsek KP Celukan Bawang, Koramil, Danposal, KKP dan Pelindo Celukan Bawang selalu melakukan pengawasan dan pemantauan kapal yang datang dari luar sesuai jadwal kedatangan kapal.

Selain untuk pengamanan, juga dalam mencegah masuknya Covid-19 melalui pintu masuk laut di Kabupaten Buleleng. "Dengan kesiapsiagaan Satgas Covid-19, mudah-mudahan tidak terjadi hal-hal yang tidak kami inginkan," harapnya.

Di sisi lain, perkembangan data penanganan Covid-19 di Buleleng, per Selasa kemarin tidak ada penambahan konfirmasi sehingga tercatat nol kasus. *mz

Komentar