nusabali

Perkenalkan Tibor, Tukang Parkir Bersuara Merdu di Legian

  • www.nusabali.com-perkenalkan-tibor-tukang-parkir-bersuara-merdu-di-legian

MANGUPURA, NusaBali.com - Sebuah video TikTok mendadak viral karena mengunggah seorang juru parkir bernyanyi dengan suara merdu. Dalam video yang diunggah akun @kuncirin, Sabtu (8/1/2022), tampak lokasi berada di sebuah pintu masuk objek wisata Pantai Legian.

Benar saja, Tibortius Hamni Wijaya, nama pria tersebut merupakan tukang parkir di pintu masuk Pantai Padma, Legian. Kepada NusaBali.com ia menuturkan kenapa kerap bernyanyi kepada para pengunjung yang datang ke Pantai Padma.

“Melihat keadaan Covid seperti ini, saya buat begitu supaya orang terhibur,” ujar Tibortius yang akrab disapa Tibor, Selasa (11/1/2022).

Pria 42 tahun menuturkan, bernyanyi merupakan panggilan jiwanya. Sejak kecil ia mengaku sudah senang bernyanyi, hingga memasuki bangku sekolah bakat bernyanyinya terus ia asah, hingga pernah menjuarai lomba menyanyi di daerah asalnya Kabupaten Manggarai Barat, NusaTenggara Timur. 

Setelah menamatkan SMA, pada tahun 1994 Tibor merantau ke Bali dan sempat bekerja  selama 6 tahun sebagai office boy di NusaBali. Setelahnya pria murah senyum ini pindah haluan dengan menjadi juru parkir di Pantai Legian hingga sekarang.

“Pada waktu itu saya melamar di LPM Legian, tapi sekarang karena pantai sudah di bawah desa adat, jadi sekarang saya digaji Desa Adat Legian,” kisahnya.

Di Bali, vokal merdu Tibor diasah dengan sering bernyanyi pada acara penikahan para kerabatnya dari NTT. Selain itu, karena telah fasih berbahasa Bali, ia juga kerap diundang bernyanyi lagu berbahasa Bali pada acara seperti bazzar di banjar-banjar. 

Bisa dikatakan Tibor sudah hampir 20 tahun bekerja sebagai juru parkir di Pantai Padma Legian. Selama itu pula ia mengatakan menghibur para pengunjung dengan suara merdunya. Jika tidak sedang libur Tibor bisa ditemui di pintu masuk Pantai Padma setiap hari dari pukul 08.00-19.00 Wita.

Tibor yang tinggal di seputaran Renon, Denpasar, dengan ramah akan menyambut para pengunjung dengan berjoget sambil bernyanyi. Terkadang pengunjung datang karena penasaran dengan sosok Tibor yang viral di media sosial dan tidak segan meminta Tibor bernyanyi.

“Saya itu bernyanyi untuk menghibur supaya orang jangan stres, hanya agar orang senang.”

“Menyanyi itu adalah penghiburan, untuk diri sendiri dulu, kemudian untuk orang lain,” pungkas pria satu anak tersebut. 

Komentar