nusabali

Bupati Tamba Ajak Pejabat Solid Songsong Tahun Emas Jembrana

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-ajak-pejabat-solid-songsong-tahun-emas-jembrana

NEGARA, NusaBali
Bupati I Nengah Tamba mengajak pejabat di lingkungan Pemkab Jembrana untuk tetap solid dan memperkuat team work guna menyongsong tahun emas Jembrana.

Seluruh pejabat juga diminta bertanggungjawab bukan hanya kepada bupati dan wakil bupati saja. Tetapi juga mengingat tanggungjawab kepada seluruh masyarakat Gumi Makepung.


Hal itu disampaikan Bupati Tamba saat melantik dan mengambil sumpah jabatan 146 pejabat Pemkab Jembrana yang dikukuhkan kembali di Gedung Auditorium Pemkab Jembrana, Senin (10/1). “Bentuk tanggung jawab itu tidak hanya di lingkup perangkat kerja. Tapi harus mampu berpikir secara universal tentang Jembrana. Khususnya menyongsong dan mempersiapkan tahun emas Jembrana di tahun 2026 nanti,” ujar Bupati Tamba.

Bupati Tamba mengatakan, saat ini Jembrana telah memiliki blue print yang disusun berisi sasaran serta capaian di 2026. Dirinya berharap dukungan dari pejabat dan pegawai di lingkungan Pemkab Jembrana mampu membuat Jembrana bersaing dengan kabupaten lainnya di Bali. “Tahun (2026) itu klimaks kebahagiaan warga Jembrana. Semua yang kita lakukan dari sekarang indikatornya untuk mewujudkan kebahagiaan masyarakat,” ucap Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara ini.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Tamba meminta apel internal pegawai di masing-masing OPD diaktifkan kembali. Hal itu bertujuan memaksimalkan target dalam tiap OPD. “Saya minta apel internal pegawai diaktifkan kembali. Sehingga tiap pegawai tahu capaian yang hendak dituju. Apa yang kita raih. Kepercayaan yang kita dapat selama setahun kemarin jangan sampai turun. Harus lebih maju dan sukses,” kata Bupati Tamba.

Di hadapan para pejabat yang dikukuhkan kembali itu, Bupati Tamba mengatakan, pada tahun 2022 ini akan banyak berbagi tugas dengan Wakil Bupati I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat). Menurut Tamba, Wabup Ipat diminta lebih banyak berperan dalam aliran kinerja OPD. Sementara dirinya akan berfokus pada hal-hal besar, termasuk mendongkrak investasi masuk Jembrana. “Itu bagian tugas kami berdua untuk meningkatkan kinerja OPD serta mendongkrak PAD. Sehingga hasilnya bisa dirasakan masyarakat Jembrana,” kata Bupati Tamba yang juga mantan Ketua Fraksi Demokrat DPRD Bali periode 2009-2014 dan Ketua Komisi III DPRD Bali periode 2014-2019 ini.

Untuk diketahui, sebanyak 146 pejabat yang dikukuhkan ulang itu terdiri dari 2 pejabat eselon II-b, 32 pejabat eselon IIIa, 57 pejabat eselon IIIb, serta 55 pejabat eselon IVa. Dalam pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu, tidak ada mutasi. Namun seluruh pejabat itu dikukuhkan kembali pada jabatan dan eselon yang sama. Pengukuhan kembali itu dilakukan berkenaan adanya perubahan nomenklatur di sejumlah OPD Pemkab Jembrana.

Perubahan sejumlah nomenklatur itu dilaksanakan menindaklanjuti Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 25 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi pada Instansi Pemerintah untuk Penyederhanaan Birokrasi yang ditindaklanjuti Peraturan Bupati (Perbup) Jembrana tentang Tata Kerja Badan Daerah, Kesekretariatan, serta Perbup (Perbup) tentang Tata Kerja Dinas Daerah. *ode

Komentar