nusabali

BBMKG Ingatkan Potensi Angin Kencang

  • www.nusabali.com-bbmkg-ingatkan-potensi-angin-kencang

MANGUPURA, NusaBali
Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar, mengingatkan potensi hujan deras dan angin kencang dalam dua hari ke depan, yakni pada Selasa (11/1) hari ini dan Rabu (12/1) besok.

Dari hasil pemetaan hujan deras dan angin kencang berpotensi terjadi hampir diseluruh wilayah Bali. Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah III Denpasar Dwi Hartanto, mengatakan karena sudah masuk puncak musim penghujan, intensitas hujan ringan hingga lebat masih terjadi di sejumlah wilayah di Bali, bahkan dalam beberapa hari ke depan. Dari analisa yang dilakukan, pada 10-12 Januari 2022 bahkan berpotensi hujan yaang disertai kilatan petir dan angin kencang berdurasi singkat di sejumlah wilayah.

“Dari hasil pemetaan (potensi hujan deras dan angin kencang) mulai dari Badung, Denpasar, Tabanan, Gianyar, Klungkung, Jembrana, Karangasem dan juga Bangli,” jelas Dwi Hartanto.

Masih meningkatnya intensitas hujan itu, Dwi Hartanto berharap agar masyarakat tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang ditumbulkan mulai dari genangan, banjir, hingga tanah longsor. “Kami imbau selam musim penghujan agar masyarakat waspada,” imbaunya.

Dwi Hartanto menambahkan, bukan hanya intensitas hujan, namun gelombang juga di kisaran 2 meter di sejumlah perairan. “Makanya kami juga mengimbau pelaku wisata bahari dan pelaku perjalanan serta operator jasa tranportasi laut agar selalu memperhatikan kondisi cuaca,” harapnya. *dar

Komentar