nusabali

Tembok Penyengker Taman Beji Pura Dalem Ayunan Roboh

  • www.nusabali.com-tembok-penyengker-taman-beji-pura-dalem-ayunan-roboh

MANGUPURA, NusaBali
Tembok penyengker Taman Beji (permandian umum) Pura Dalem Ayunan, Desa Ayunan, Kecamatan Abiansemal, jebol.

Tembok tersebut jebol akibat naiknya debit air Sungai Dangkangan, Minggu (9/1) sekitar pukul 22.00 Wita. Kerugian diperkirakan mencapai Rp 100 juta.

Tim dari BPBD Badung pun sudah melakukan pendataan di TKP, Senin (10/1) sekitar pukul 11.25 Wita. Akibat jebolnya tembok penyengker beji, untuk sementara pemandian umum tidak bisa digunakan.

“Panjang tembok yang jebol di sebelah barat 15 meter, sedangkan sebelah timur 6 meter,” kata Kepala Pelaksana BPBD Badung I Wayan Darma.

Menurut mantan Camat Petang itu, mengingat Taman Beji itu dipergunakan sebagai tempat pemandian umum, maka perlu segera ada penanganan, supaya kembali bisa dipergunakan oleh masyarakat. “Ini sifatnya mendesak untuk segera diperbaiki, karena kebutuhan masyarakat untuk mandi,” tegas Darma sembari menyebut tak ada korban jiwa dalam musibah tersebut.

Di tempat terpisah, tembok rumah milik I Nyoman Sulatra, 53, di Banjar Balangan Kangin, Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, roboh pada Minggu (9/1) malam sekitar pukul 19.30 Wita. Pemicu robohnya tembok tersebut diakibatkan tergerus air.

Tembok yang roboh memiliki panjang sekitar 20 meter dan tinggi 1,5 meter. “Untuk bencana tembok penyengker rumah yang roboh, tim kami juga sudah turun ke TKP. Dari hasil pendataan kerugian diperkirakan mencapai Rp 75 juta,” kata Darma.

Mengingat masih musim penghujan, Darma mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati, terutama yang tinggal di daerah rawan bencana, khususnya longsor. Seperti diketahui dari hasil pemetaan daerah rawan longsor di Badung dominan di wilayah utara, seperti Kecamatan Petang dan Abiansemal.

Sementara, untuk daerah rawan banjir yakni di wilayah Kecamatan Kuta, Kuuta Utara, Kuta Selatan, dan Mengwi. Tak hanya rawan banjir, wilayah ini juga daerah rawan tsunami. Untuk potensi gempa, pohon tumbang, dan angin kencang merata di semua kecamatan. *asa

Komentar