nusabali

Kadisdikpora Melepas Pengawas Purnatugas

  • www.nusabali.com-kadisdikpora-melepas-pengawas-purnatugas

AMLAPURA, NusaBali
Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Karangasem, I Wayan Sutrisna, melepas empat pengawas SD yang memasuki purnatugas di Museum Samsara, Banjar/Desa Jungutan, Kecamatan Bebandem, Karangasem, Sabtu (8/1).

Pengawas SD purnatugas di usia 60 tahun. Keempat pengawas itu yakni I Ketut Swanada, Ida Bagus WP Adnyana, I Gusti Ketut Panon, dan Ni Nengah Kertini.

Tahun 2021, sebanyak 152 guru termasuk pengawas di Karangasem memasuki pensiun. Imbasnya, banyak pejabat struktural dialihkan jadi guru. “Kami ucapkan terima kasih atas pengabdiannya selama membangun pendidikan,” ungkap Wayan Sutrisna. Diakui, tiap tahun cukup banyak tenaga guru memasuki pensiun, tetapi tidak sebanding dengan penggantinya, terutama yang berstatus PNS. Tahun 2021 dapat jatah 932 kuota tenaga PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) guru, buat sementara yang lulus 527 pelamar.

Adanya, rekrutmen PPPK belum bisa menutupi kekurangan tenaga guru. Sebab tenaga PPPK hanya berubah status dari honorer ke PPPK. “Kekurangan guru hampir di setiap sekolah,” ungkap Wayan Sutrisna. Sementara I Gusti Ketut Panon pasca pensiun tetap aktif di pendidikan, desa dinas, dan desa adat. “Saya Ketua BPD (Badan Permusyawaratan Desa) Desa Pertima, Kecamatan Karangasem. Saya juga aktif di Desa Adat Perasi,” ungkap Gusti Ketut Panon. Terakhir Gusti Ketut Panon bertugas sebagai Koordinator Wilayah Disdikpora Kecamatan Karangasem. *k16

Komentar