nusabali

Monez Bagikan Tips Sukses untuk Ilustrator Pemula

  • www.nusabali.com-monez-bagikan-tips-sukses-untuk-ilustrator-pemula

DENPASAR, NusaBali.com - Profesi ilustrator bukan sekadar pintar menggambar, melainkan perlu banyak aspek harus diperhatikan. Demikian diungkapkanIda Bagus Ratu Antoni Putra atau yang lebih dikenal dengan nama Monez.

"Jika sudah serius berkecimpung di dunia penyedia jasa ilustrator (jasa desain gambar), banyak hal yang harus diperhatikan seperti attitude (perilaku) dengan para pengguna jasa, sehingga terciptanya suatu keberlangsungan, kerja sama tim, pengemasan ide, pengembangan ide dan lain-lain" ujar pria asal Tabanan tersebut saat live di instagram miliknya, Jumat (7/1/2022).

Berkecimpung di dunia desain grafis sejak tahun 2000 membuat Monez telah mencicipi pahit manisnya dunia ilustrator. Sehingga menurutnya penting bagi pemula untuk mempersiapkan mental karena terjun di dunia ilustrasi memerlukan dedikasi yang kuat.

"Semua seniman pasti pernah mengalami kebuntuan ide. Saat terjun di dunia ilustrator sebagai seorang profesional tentu hal tersebut harus diatasi, cara saya menghadapi situasi itu adalah melakukan hal lain yang saya sukai untuk menyegarkan kembali pikiran dan memunculkan ide-ide baru," terangnya.

Monez menyarankan agar para pemula yang baru terjun ke dalam dunia ilustrator memanfaatkan kemajuan teknologi dan internet yang ada sebagai media pembelajaran dan media sumber informasi guna mengembangkan kemampuan menggambar yang dimiliki.

"Sekarang sudah mudah semua. Seniman sudah punya akses internet dan alat gambar yang sama, jadi sekarang tinggal masalah niat dan ketekunan masing-masing seniman," ujarnya.

Lebih lanjut Monez mengatakan berkecimpung di dunia industri ilustrasi sama halnya dengan menjalankan bisnis konvensional lainnya yang memiliki tantangan seperti persaingan harga.

"Maka dari itu penting memunculkan ciri khas tersendiri untuk menjadi seorang seniman. Karena jika menjadi ilustrator para seniman tidak bisa menjual hal yang sama kepada para pengguna jasa, harus berpikir kreatif," tegasnya.

Melihat fenomena melejitnya profesi ilustrator di era digital seperti saat ini Monez mengimbau agar para seniman pemula tidak hanya sekadar menjual karya, melainkan  harus memperhatikan servis yang diberikan kepada para konsumen.

"Karena konsumen apabila sudah nyaman menggunakan jasa yang disediakan, maka tidak menutup kemungkinan konsumen akan datang kembali," imbaunya.

Monez kemudian menyarankan agar para seniman yang baru terjun menjadi penyedia jasa ilustrator harus fleksibel dan peka terhadap perkembangan zaman. "Memang penting memiliki idealis tersendiri sebagai seorang seniman, tetapi ketika bergelut di dunia industri ilustrasi maka harus terbuka dengan perkembangan tren yang ada," tutupnya.

Komentar