nusabali

Tahun 2022 Tabanan Gelontorkan 20 Unit Bantuan Bedah Rumah di Kawasan Kumuh

  • www.nusabali.com-tahun-2022-tabanan-gelontorkan-20-unit-bantuan-bedah-rumah-di-kawasan-kumuh

TABANAN, NusaBali
Tahun 2022 Pemkab Tabanan merencanakan 20 unit bantuan bedah rumah kepada masyarakat.

Bantuan ini diprioritaskan bagi daerah yang dikategorikan kumuh. Namun titik lokus bantuan tersebut masih dilakukan pengkajian. Anggaran untuk 20 unit bantuan bedah rumah itu bersumber dari APBD Tabanan sebesar Rp 780 juta.

Kepala Bidang Perumahan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan Adi Gunarsa, mengatakan bantuan bedah rumah di tahun 2022 rencananya dikerjakan 20 unit dengan catatan tidak ada refocusing anggaran. “Rencananya 20 unit, diperuntukkan ke kawasan kumuh,” kata Adi Gunarsa, Jumat (7/1).

Meskipun diperuntukkan ke kawasan kumuh, namun titik kawasan untuk merealisasikan bantuan masih dikaji. Yang jelas akan diprioritaskan di kawasan kumuh. Tercatat kawasan kumuh di Tabanan berada di Kecamatan Kediri, Kecamatan Tabanan, Kecamatan Baturiti, Kecamatan Kerambitan, Kecamatan Selemadeg, Kecamatan Pupuan, dan Kecamatan Marga. “Ke mana lokusnya bantuan terealisasi masih dikaji dan perlu diverifikasi kembali,” ucap Adi Gunarsa.

Dia menambahkan 20 unit bantuan bedah rumah yang rencananya terealisasi tahun 2022 mendapat dana sebesar Rp 780 juta dari APBD Tabanan. Masing-masing unit mendapat bantuan dengan klasifikasi berbeda sesuai dengan tingkat kerusakan.

Alokasi anggaran untuk peningkatan kualitas rumah, maksimal bantuan yang  diberikan Rp 30 juta. Sedangkan untuk pembangunan total maksimal bantuan yang diberikan Rp 50 juta. “Pemberian bantuan bukan berupa uang tunai tetapi bahan bangunan,” tandas Adi Gunarsa. *des

Komentar